Program Studi

Program Diploma

Kode Program Studi
54442
Jenjang Akademik
Diploma (D3)
Gelar Akademik
Ahli Madya Perikanan (A.Md.Pi)
Koordinator Program Studi
Legalitas
Tanggal Berdiri
Akreditasi
Status Akreditasi BAN-PT
B
Nomer SK Akreditasi
355/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/III/2019
Masa Berlaku Akreditasi
-
Tanggal Kadaluwarsa
1 bulan 3 pekan lagi

VISI
Visi Program Studi D-III Budi Daya Ikan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman adalah menjadi Institusi pendidikan vokasi dan menjadi pusat budidaya ikan yang mendukung pengembangan sumberdaya ikan di perdesaan.

MISI
Misi Program Studi D-III Budi Daya Ikan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang budidaya ikan untuk menghasilkan lulusan yang beriman, jujur, peduli, bertanggung jawab, berjuang dengan ikhlas, dan pantang menyerah, berwawasan kebhinekaan dan kewirausahaan, dan mampu menyelesaikan pekerjaan budidaya ikan melalui pemilihan metode budidaya ikan yang sesuai dan penganalisisan data, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang nyata dan terukur.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan (applied research), penelitian aksi (action research), penelitian untuk pengembangan metode/teknik/cara baru, penelitian untuk pengujian benih/pakan/obat-obatan unggul yang relevan dengan pengembangan budidaya ikan di perdesaan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui aplikasi keterampilan/ kompetensi/metode (teknik/cara) baru/input produksi unggul di masyarakat untuk pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat perdesaan.
  4. Membangun jejaring kerjasama dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dengan lembaga/ perusahaan/unit usaha yang bergerak dalam budidaya ikan sebagai upaya peningkatan kompetensi lulusan.


KUALIFIKASI LULUSAN

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang : penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi, maka lulusan Program Studi D-III Budi Daya Ikan memiliki kualifikasi Jenjang 5 dengan deskripsi:

  1. Memiliki kemampuan kerja, yaitu mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  2. Memiliki penguasaan pengetahuan, yaitu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Memiliki kewenangan dan tanggung jawab, yaitu:
    1. Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif.
    2. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

 

TUJUAN PROGRAN STUDI

Tujuan Program Studi D-III Budi Daya Ikan adalah menghasilkan Ahli Madya Perikanan, yang disingkat A.Md.Pi memiliki sikap terpuji, menguasai pengetahuan, keterampilan umum dan khusus serta dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk dapat bekerja di bidang budidaya ikan dengan baik.

SASARAN PROGRAM STUDI

Sasaran Program Studi D-III Budi Daya Ikan adalah:

  1. Meningkatnya kualitas dan efisiensi pembelajaran vokasional bidang budidaya ikan.
  2. Meningkatnya daya saing lulusan melalui sikap terpuji, penguasaan pengetahuan, keterampilan umum dan khusus dalam berkompetisi di pasar kerja.
  3. Meningkatnya produk penelitian terapan (applied research), penelitian aksi (action research), penelitian untuk pengembangan metode/teknik/cara baru, penelitian untuk pengujian benih/pakan/obat-obatan unggul yang bermanfaat bagi pengembangan budidaya ikan di perdesaan.
  4. Meningkatnya jumlah kemitraan yang mendukung kegiatan penelitian, pelatihan, magang dan Praktek Kerja Lapangan civitas academica Program Studi D-III Budi Daya Ikan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

 

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi D-III Budi Daya Ikan, Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto adalah diharapkan mampu menjadi:

  1. Teknisi
  2. Analis
  3. Praktisi

 

AKREDITASI FAKULTAS BIOLOGI

  • Salinan (softcopy) Sertifikat Akreditasi Program Studi di Fakultas Biologi dan Sertifikat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Universitas Jenderal Soedirman dapat diperoleh dengan cara: Download pada link berikut: Akreditasi Fakultas Biologi
  • Apabila memerlukan informasi lebih lanjut terkait sertifikat Akreditasi dapat menghubungi Bapendik Fakultas Biologi.
  • Informasi mengenai legalisir sertifikat akreditasi (surat BAN PT Nomor 1371/BAN-PT/LL/2018) dapat diunduh di: Penerapan Tanda Tangan Elektronik BAN-PT.
  • Dalam rangka peningkatan layanan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan sebagai wujud penerapan Peraturan Pemerintah Republik lndonesia Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, maka mulai tanggal 26 Juni 2018:
    • BAN-PT menerbitkan Serifikat Akreditasi dalam bentuk dokumen elektronik kepada UGM melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).
    • SK tentang Status dan Peringkat Terakreditasi serta Sertifikat Akreditasi diterbitkan dalam bentuk dokumen elektronik tersebut menggunakan tanda tangan elektronik Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT.
    • Dengan digunakannya tanda tangan elektronik, maka Proses legalisir Sertifikat Akreditasi Program Studi yang diterbitkan setelah tanggal 26 Juni 2018 tidak diperlukan lagi.

Dokumen Akademik

  • Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Program Diploma, Sarjana, dan Profesi Universitas Jenderal Soedirman | Unduh
  • Buku Pedoman Akademik Fakultas Biologi Tahun 2022 | Unduh