Program Studi

Program Sarjana Biologi Terapan

Kode Program Studi
0
Jenjang Akademik
Sarjana (S1)
Gelar Akademik
Sarjana Sains (S.Si.)
Koordinator Program Studi
Legalitas
Tanggal Berdiri
Nomer SK Pendirian
6/E/O/2024
Nomor SK Penyelenggaraan
6/E/O/2024
Tanggal SK Penyelenggaraan
Akreditasi
Status Akreditasi BAN-PT
Terakreditasi Sementara
Nomer SK Akreditasi
440/SK/BAN-PT/Ak.P/S/II/2024
Masa Berlaku Akreditasi
-
Tanggal Kadaluwarsa
4 tahun 11 bulan lagi


PROGRAM STUDI BIOLOGI TERAPAN
PROGRAM SARJANA

Selamat datang di program studi Biologi Terapan program sarjana Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman.

Prodi Biologi Terapan (BioTer) berorientasi pada penerapan praktis biosains untuk memecahkan permasalahan global melalui pendekatan teknobiologi dan teknoekologi  sehingga menghasilkan produk yang berbasis pada kekayaan flora dan fauna Indonesia.  Melalui penerapan teknobiologi dan teknoekologi, mahasiswa didorong untuk memberikan solusi dalam salah satu bidang dari tiga bidang focus prodi Biologi Terapan yaitu bidang pangan, kesehatan, dan lingkungan.

Bidang pangan berfokus pada pengembangan pangan fungsional dan rekayasa pangan masa depan. Bidang kesehatan berfokus pada pemanfaatan senyawa bioaktif, biomaterial dan pengembangan stem cell sebagai kandidat anti aging dan penerapannya dalam penanganan penyakit degeneratif. Bidang lingkungan berfokus pada pengembangan layanan jasa ekosistem atau untuk pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan melalui teknoekologi. Selain ketiga bidang tersebut, program studi Biologi Terapan berupaya mendesain informasi yang komprehensif dengan mengintegrasikan bidang pangan, Kesehatan, maupun lingkungan dalam rangka mengoptimalkan solusi pemecahan masalah global. Kompetensi ini didesain untuk menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi secara nyata terutama yang terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjurtan (Sustainable Development Goals/SDGs) serta membekali lulusan agar mampu berkompetisi dan berkolaborasi baik di lingkup nasional maupun internasional.

Visi Program Studi Biologi Terapan:
“Mengembangkan pembelajaran melalui kurikulum berbasis teknobiologi dan teknoekologi dalam bidang pangan, kesehatan, dan lingkungan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, dengan tetap menjunjung kearifan lokal”

Misi Program Studi Biologi Terapan:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam teknobiologi dan teknoekologi dalam bidang pangan, kesehatan, dan lingkungan.
  2. Melaksanakan penelitian dan diseminasi hasil-hasil penelitian teknobiologi dan teknoekologi dalam bidang pangan, kesehatan, dan lingkungan pada forum nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian teknobiologi dan teknoekologi dalam bidang pangan, kesehatan, dan lingkungan untuk meningkatkan harkat derajat manusia.
  4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai mitra untuk pengembangan teknobiologi dan teknoekologi dalam bidang pangan, kesehatan, dan lingkungan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menggali potensi dan mengelola sumber daya hayati berkelanjutan melalui teknobiologi dan teknoekologi dalam bidang pangan, kesehatan dan lingkungan.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan kompetitif dalam skala nasional melalui teknobiologi dan teknoekologi dalam bidang pangan, kesehatan dan lingkungan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan usaha ekonomi berbasis teknobiologi dan teknoekologi.

Prospek Kerja Lulusan

  • Research associates
  1. Research assoc in pharmaceutical industry
  2. Applied Biomechanics Research Associate (Biomimetics)
  3. Food and feed industry
  4. Biomedical
  • Biological Technician / Biology Specialist
  1. Scientific laboratory technician
  2. Water quality scientist
  3. Forensic biology examiner
  • Life Science Consultant
  1. Nature conservationist
  2. Environmentalist (AMDAL)
  3. Ecotourism specialists
  4. Formulator Insecticide
  5. Urban Pest Control
  • Bioentrepreneur (Meliponiculture,Microfloriculture,Seaweed culture)
  • Botanist

SK Akreditasi Program Studi Biologi Terapan UNDUH