Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Manajemen Fakultas

Kepuasan pemangku kepentingan terhadap layanan manajemen diukur dengan menggunakan instrumen melalui http://tracer.unsoed.ac.id. Aspek yang diukur adalah kemampuan tenaga kependidikan dan pengelola Program Studi dalam memberikan pelayanan (keandalan/reliability), kemauan atau kesediaan tenaga kependidikan dan pengelola Program Studi dalam memberikan jasa dan bantuan dengan cepat (daya tanggap/ responsiveness), kemampuan tenaga kependidikan dan pengelola Program Studi untuk meyakinkan pemangku kepentingan mengenai kesesuaian pelayanan yang diberikan dengan ketentuan yang ada (kepastian/assurance), kepedulian tenaga kependidikan dan pengelola Program Studi yang ditunjukkan melalui perhatian terhadap pemangku kepentingan (empati/empathy), serta penilaian mengenai kualitas, aksesibilitas maupun kecukupan sarana dan prasarana (tangible). Hasil pengukuran pada tahun 2020 -2022 terhadap tingkat kepuasan manajemen tersaji dalam diagram. Kepuasan mahasiswa meningkat pada semua aspek penilaian dari setiap tahunnya. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya mahasiswa yang menilai sangat baik pada kelima aspek. Hasil tersebut menjadi salah satu pemicu tim manajemen untuk semakin meningkatkan pelayanan terhadap semua kalangan pemangku kepentingan. Untuk peningkatan pelayanan manajemen, saran dan kritik membangun kami harapkan. Terima kasih.

123

Gambar 1.  Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Manajemen

Pengukuran Tingkat kepuasan dosen terhadap managemen tersaji dalam Gambar 2. Hasil survei menunjukkan bahwa aspek reliability tenaga kependidikan dan pengelola Program Studi dinilai sangat baik oleh 21,87 % dosen dan baik oleh 13,51% dosen; aspek responsiveness dinilai sangat baik oleh 13,51% dosen dan baik oleh 18,91% dosen; aspek assurance dinilai sangat baik oleh 16,21% dosen dan baik oleh 16,21% dosen; aspek empathy dinilai sangat baik oleh 8,11% dosen dan baik oleh 24,32% dosen; serta aspek tangible dinilai sangat baik oleh 8,11% dosen, baik oleh 21,62% dosen, dan cukup oleh 2,70% dosen. Berdasarkan hasil survei kepuasan dosen, seluruh aspek sudah berjalan baik. Namun, aspek empathy dan tangible masih perlu ditingkatkan. Program Studi menyusun rencana tindak lanjut berupa penambahan aspek kepedulian pada SOP pelayanan tenaga kependidikan serta peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana pendukung pembelajaran. Beberapa rencana tindak lanjut tersebut diharapkan dapat menjaga atau bahkan meningkatkan tingkat kepuasan dosen di masa yang akan datang.

4

Gambar 2. Kepuasan Dosen terhadap Layanan Manajemen