Workshop Pelatihan Pembuatan SOP Tenaga Kependidikan

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta menambah keterampilan  khususnya dalam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP), untuk tenaga kependidikan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, maka pada tanggal 26-27 Agustus 2023 Fakultas Biologi mengadakan Workshop dan Pelatihan dengan mengundang Narasumber Drg. Hetty  Handayani, M.Kes. beliau merupakan Direktur Operasional Rumah Sakit JIH. Acara dimulai pukul 19.00 WIB di Abadi Hotel Malioboro Yogyakarta. Sambutan pertama dimulai oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Hery Pratiknyo, M.Si. dan selanjutnya acara dibuka oleh Dekan Fakultas Biologi Prof. Dr. Dwi Nugroho Wibowo, M.S.  

Sebelum puncak acara dimulai (paparan narasumber) kegiatan dibuka oleh Prof. Dr.rer.nat. Imam Widhiono, M.Z., M.S. selaku moderator acara tersebut. Dalam paparannya terkait SOP tersebut narasumber menyampaikan :

1. Pentingnya  pembuatan SOP terkait dengan penyelesaian alur Kinerja Staf yang harus dilaksanakan.

2. Metode pembuatan SOP yaitu melalui Flowchart yang merupakan metode penggambaran langkah-langkah dan urut-urutan suatu prosedur atau pembuatan aturan berbentuk grafik.

Di Indonesia, flowchart sering diterjemahkan kedalam istilah Diagram Alir dan merupakan salah satu perangkat (tools) didalam metode Perbaikan Berkelanjutan (continuous improvement). Konsep perbaikan berkelanjutan merupakan salah satu persyaratan didalam berbagai standar dunia yang diadopsi berbagai perusahaan besar di Indonesia. Standar Dunia yang dimaksud adalah seperti : ISO 9001, ISO 14001 dan berbagai standar sistem mutu atau standar lainnya” .

Setelah paparan selesai dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana para peserta (tenaga kependidikan) sangat antusias dan semangat untuk bertanya dan sekaligus menampilkan hasil kerja kelompok. (Fabio 28 Agustus 2023)

3

 

2