Mata Kuliah S1 Biologi Unsoed yang Ditawarkan ke Prodi Biologi/Pendidikan Biologi di luar PT

Mata Kuliah S1 Biologi Unsoed yang Ditawarkan ke Prodi Biologi/Pendidikan Biologi di luar PT

 

1

BIP2220  Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini menjelaskan pengetahuan dasar, menganalisis deskripsi rencana usaha dan/ atau kegiatan serta deskripsi rona lingkungan hidup awal, mengaplikasikan pelibatan masyarakat dalam proses analisis mengenai dampak lingkungan hidup, mengaplikasikan dokumen kerangka acuan, mengaplikasikan dokumen analisis dampak lingkungan hidup, serta mengaplikasikan dokumen rencana pengelolaan lingkungan-rencana pemantauan lingkungan.

2

BIP2201  Akarologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas dasar-dasar pengetahuan morfologi, anatomi dan fisiologi integumen dan pergantian kutikula, segmentasi, muskulatur dan kaki, sistem sirkulasi, saraf dan indera, respirasi, mulut dan saluran pencernaan, ekskresi dan osmoregulasi serta sistem reproduksi acari, klasifikasi acari, dan teknik pengendalian yang relevan dengan bidang lingkungan, kesehatan dan pangan.

3

BIP2225  Arsitektur Tumbuhan (2-1)

Deskripsi : Mata Kuliah Arsitektur tumbuhan membahas variasi bentuk tajuk dan percabangan, yang mempengaruhi karakteristik visual tumbuhan serta hubungan arsitektur tumbuhan dengan hutan kota, lanskap, tanaman peneduh serta konservasi tanah dan air.

4

BIP2101  Bakteriologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas konsep-konsep bakteriologi, meliputi karakterisasi bakteri yang terdiri atas morfologi, struktur sel dan fisiologi bakteri, keanekaragaman bakteri serta perannya di bidang industri, lingkungan, dan kesehatan.

5

BIP2221  Biofarming (2-1)

Deskripsi : Biopharming adalah usaha tani (farming) yang memanfaatkan tanaman atau hewan ternak untuk menghasilkan protein atau senyawa metabolit tertentu yang bernilai kesehatan atau pengobatan. Biopharming bisa berupa produk rekayasa genetika yang diterapkan pada hewan atau tumbuhan untuk menyisipkan gen dari organisme lain, sehingga hewan atau tumbuhan itu mengekspresikan senyawa tertentu, yang kemudian dapat dipanen hasilnya.

6

BIP2202  Biologi Laut (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas biodiversitas di laut (plankton, lamun, invertebrata, ikan, cetacean, reptilia, dan burung laut), faktor lingkungan yang mempengaruhi organisme laut serta pembagian lingkungan laut, ekosistem spesifik laut tropis dan interaksinya (mangrove, lamun, dan terumbu karang), serta pengelolaan sumberdaya hayati laut dengan penekanan khusus pada kearifan lokal.

7

BIP2103  Bioteknologi Reproduksi Hewan (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas proses gametogenesis dan fertilisasi sebagai dasar bioteknologi reproduksi; pematangan gamet in vitro dan in vivo; penyimpanan dan pengawetan gamet dan embrio; pembuahan buatan; pembuahan in vitro; transfer embrio; poliploidisasi; ginogenesis; androgenesis; kloning; chimera; transgenik; dan etika bioteknologi, termasuk norma dalam Undang-undang Kesehatan Republik Indonesia.

8

BIP2204  Ekologi Mangrove (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas pokok materi tentang definisi; sejarah serta evolusi, distribusi, biologi mangrove, flora dan fauna asosiasi pada ekosistem mangrove; zonasi, dekomposisi dan siklus hara/nutrient, jaring makanan, aliran energi, dan respon mangrove terhadap berbagai cekaman lingkungan serta pengelolaan sumberdaya mangrov secara berkelanjutan dan memperhatikan kearifan lokal.

9

BIP2121  Ekologi sungai dan waduk (2-0)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas tentang konsep pengelolaan ekosistem sungai dan waduk sebagai satu kesatuan unit ekologis dan penerapannya dalam menyelesaikan masalah sungai dan waduk

10

BIP2205  Ekologi Tanah (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas lingkungan tanah, proses produksi primer dalam tanah, produksi sekunder tentang aktivitas organisme heterotrof dan mikroba serta fauna tanah, dekomposisi dan siklus nutrisi, food web atau jejaring makanan tanah, biodiversitas tanah dan proses tanah.

11

BIP2206  Ekotoksikologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas pengertian, konsep dasar, sejarah perkembangan dan kaitan toksikologi dengan ilmu lain; klasifikasi toksikan; hubungan dosis-respon; pengaruh senyawa toksik terhadap sistem kehidupan; nasib senyawa pencemar di lingkungan (perairan, udara dan tanah), penurunan toksisitas dan prinsip pemantauan secara biologi sebagai upaya peringatan awal terhadap bahan pencemar.

12

BIP2119  Ekoturisme (2-0)

Deskripsi : Mata kuliah ini menjelaskan hubungan antara konservasi keragaman hayati dengan sosial ekonomi dan budaya setempat dalam bentuk pariwisata. Berisi tentang pengertian ecotourism, ecotourism sebagai salah satu strategi konservasi keragaman hayati, perkembangan ecotourism di dunia, metode penetapan keunikan wilayah, metode pemetaan stakeholders, perancangan kawasan ecotourism, promosi dan pemasaran ecotourism.

13

BIP2107  Endokrinologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas konsep-konsep endokrinologi; perkembangan kelenjar endokrin pada hewan dan manusia; klasifikasi hormon, biosintesis hormon dan regulasinya; transportasi dan mekanisme kerja hormon; peranan hormon dalam perkembangan, homeostasis, reproduksi dan anomalinya; interaksi antara sistem endokrin dan sistem lain di dalam tubuh dan lingkungan serta penerapan konsep endokrinologi dalam kehidupan sehari-hari.

14

BIP2208  Entomologi Terapan (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan teknik pengendalian serangga hama permukiman, peran serangga dalam bidang forensik, serangga kehutanan, serangga polinator, serangga akuatik, budidaya lebah madu, dan budidaya ulat sutera.

15

BIP2224  Etnobiologi (2-1)

Deskripsi : Etnobiologi mempelajari tentang pengetahuan masyarakat lokal mengenai tumbuhan (botani), hewan (zoologi) dan lingkungan alam (ekologi) yang meliputi kajian tentang jenis tumbuhan obat, pengobatan tradisional, sistem keberlanjutan sumber daya alam, dan budaya. Masyarakat tradisional telah berhasil melindungi proses-proses ekologi, keanekaragaman spesies atau varietas tumbuhan dan hewan, beserta ekosistemnya, untuk kepentingan ekonomi lokal secara berkelanjutan. Pengetahuan lokal ini telah banyak dikaji untuk dimanfaatkan bagi berbagai program pembangunan, misalnya pada bidang pengobatan, pertanian, peternakan, kehutanan, dan konservasi alam.

16

BIP2209  Fikologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas struktur, sistematika dan diversitas, ekofisiologi, potensi dan manfaat mikroalga dan makroalga dalam bidang industri dan kesehatan.

17

BIP2210  Fitopatologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas biologi patogen tumbuhan, arti pentingnya penyakit tumbuhan bagi manusia, penyebab penyakit tumbuhan, faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap penyakit tumbuhan, gejala penyakit tumbuhan, cara masuknya patogen ke dalam tumbuhan inang, pengaruh patogen terhadap fungsi fisiologi tumbuhan, cara tumbuhan mempertahankan diri dari serangan patogen dan pengendalian penyakit tumbuhan.

18

BIP2228  Florikultur (2-1)

Deskripsi : Mata Kuliah ini membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan budidaya tanaman berbunga dan tanaman hias untuk taman yang bernilai ekonomi. Tanaman yang dibudidayakan meliputi tanaman rumput-rumputan, tanaman hias daun, tanaman hias berbunga, tanaman hias bunga potong, tanaman memanjat, pohon, semak, dan sukulen.

19

BIP2211  Herpetologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas sistem integumen, sistem rangka, sistem digesti, sistem pernafasan, sistem reproduksi, perkembangan, dan klasifikasi amfibi dan reptil, serta upaya konservasi dengan memperhatikan kearifan lokal.

20

BIP2212  Karsinologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas definisi, cakupan dan manfaat karsinologi; morfologi dan anatomi untuk menunjang taksonomi subfilum krustasea, reproduksi, fisiologi, dan ekologinya untuk menunjang usaha konservasi baik secara in situ maupun ex situ.

21

BIP2219  Konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistem (KKHE] (2-0)

Deskripsi : Mata kuliah ini menjelaskan hubungan antara konservasi keragaman hayati dengan pembangunan berkelanjutan. Berisi tentang manfaat sumber daya hayati bagi kehidupan manusia dan ekosistem, konsep pemanfaatan sumber daya hati secara berkelanjutan, konsep pembangunan berkelanjutan dan penerapannya di berbagai negara, peraturan perundang-undangan dan konvensi internasional terkait konservasi keragaman hayati dan ekosistem

22

BIP2229  Konservasi Tumbuhan langka (2-1)

Deskripsi : Pada MK ini dibahas tentang diversitas tumbuhan di dunia ini menunjukkan tren penurunan, walaupun dalam beberapa hal ada kenaikan akibat rekayasa genetika, mutasi dan lainnya. Selain itu, faktor penyebab seperti perubahan iklim, pemanasan global, konversi lahan, kebakaran hutan, dan lain-lain juga dibahas. Tumbuhan yang semula melimpah bisa berubah menjadi langka, sehingga perlu adanya kajian tentang konservasi tumbuhan langka. Mata kuliah ini mencakup juga strategi konservasi, status konservasi, eksplorasi, identifikasi, tatanama, klasifikasi, penemuan baru, permasalahan diversitas, karakteristik habitat, metode konservasi, pemeliharaan tumbuhan langka, teknik propagasi, aklimatisasi, sosialisasi, dan publikasi.

23

BIP2214  Mikologi Terapan (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas bioteknologi dan bioprospeksi produk-produk jamur yang dapat dimakan (edible mushroom), yang berkhasiat obat (medicinal mushroom), yang beracun (poisoning mushroom), yang berperan sebagai agen biodegradasi, endomikoriza, mikotoksin, bioremediasi dan agen hayati industri.

24

BIP2113  Mikrobiologi Industri (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas peran dan fungsi mikroorganisme dalam industri, aspek-aspek yang berperan dalam proses produksi/industri metabolit primer, metabolit sekunder, biomassa sel, serta produk biotransformasi, yang terdiri atas fermentasi materi farmasetik, enzim, suplemen makanan, dan bahan bakar.

25

BIP2215  Mikrobiologi Lingkungan (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas aplikasi mikroorganisme pada aspek lingkungan, interaksi mikroorganisme dengan sesama mikroorganisme dan makroorganisme, mikrobiologi udara, mikrobiologi tanah, mikrobiologi perairan, mikrobiologi lingkungan ekstrim, aplikasi mikroorganisme untuk mengatasi limbah dan bioremediasi (contoh dalam penanganan limbah perminyakan dan pertambangan), serta mikroorganisme dalam agrikultur.

26

BIP2223  Mikrobiologi Pangan (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas tentang sejarah dan prinsip mikrobiologi pangan, peran menguntungkan mikroba dan fermentasi makanan/minuman, mikroba sayur, buah, daging dan hasil olahannya, mikroba susu dan hasil lahannya, mikroba ikan dan hasil laut lainnya, factor-faktor yang mempengaruhi aktivitas mikroba pada bahan pangan, pengaruh sus, aktivitas air, solute, asam dan bahan pengawet, peran merugikan mikroba pada pangan, mikroba pembusuk pangan, mikroba penyebab penyakit, mutu dan keamanan produk pangan, serta pengujian mikrobiologi.

27

BIP2216  Orchidologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas macam-macam dan sifat tanaman anggrek berdasarkan cara hidup, tipe pertumbuhan, cara perkembangbiakan serta budidaya anggrek secara konvensional dan nonkonvensional.

28

BIP2227  Ornitologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas mengenai morfologi, anatomi dan fisiologi, identifikasi perilaku, ekologi, keanekaragaman, metode survei, penandaan burung

29

BIP2213  Pteridologi (2-1)

Deskripsi :Mata kuliah ini membahas aspek struktur mikroskopis dan makroskopis, perkembangan, siklus hidup, habitat, peran ekologis, manfaat dan nilai ekonomi tumbuhan paku (Pteridophyta).

30

BIP2217  Sistematika Mikroba (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas prinsip tata nama, klasifikasi, identifikasi, dan diversitas mikroorganisme (virus, bakteri dan fungi) serta hubungan kemiripan dan kekerabatan antar sesamanya.

31

BIP2222  Teknomikologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas konteks,prinsip-prinsip dan peranan teknomikologi dalam kehidupan manusia, yaitu mempelajari Teknik di bidang mikologi mengenai cara mengatur, mengoperasikan instrumen/peralatan laboratorium untuk menganalisis tentang teknik isolasi jamur,teknik identifikasi jamur, Teknik memperoleh metabolit primer dan sekunder jamur, teknik produksi dan purifikasi enzim jamur, teknik imobilisasi enzim dan miselium jamur, teknik enkapsulasi produk jamur, teknik miko hidroton, Teknik miko nanoteknologi, Teknik nano komposit.

32

BIP2218  Virologi (2-1)

Deskripsi : Mata kuliah ini membahas sejarah, ruang lingkup, karakterisasi, struktur dan komponen, materi genetik, siklus hidup dan reproduksi virus, bakteriofaga, kelompok virus (pada manusia, hewan, tanaman), deteksi virus, antivirus dan vaksin virus, penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus.