Strategi Implementasi MBKM Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Implementasi MBKM Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman

Berdasarkan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1, Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (BKP-MBKM) dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi meliputi 8 jenis (Gambar 1). Program studi S1 Biologi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman memilih untuk melaksanakan 2 BKP, yaitu bentuk pertukaran mahasiswa dan Magang/Praktik Kerja. Program ini secara resmi mulai diselenggarakan pada semester genap 2020-2021.

Gambar 1. Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)
 Gambar 1. Bentuk Kegiatan Pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

 

Alasan pemilihan dua macam bentuk pembelajaran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertukaran pelajar diselenggarakan untuk membentuk beberapa sikap mahasiswa yang sesuai dengan amanah yang tercantum di dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020, yaitu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; serta bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  2. Pelaksanaan kegiatan magang/praktik kerja, akan menciptakan link and match antara teori dan praktik. Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan teori yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktik pelaksanaan di lapangan (DUDI) sehingga nantinya diharapkan mahasiswa lebih memahami bidang pekerjaan yang ditekuni.

Dalam pelaksanaan BKP pertukaran pelajar, mulai semester genap 2020-2021 Program Studi S1 Biologi Unsoed akan mengimplementasikan Kurikulum 2018-MBKM, yang merupakan hasil peninjauan Kurikulum 2018 dan telah mengalami substitusi mata kuliah pilihan (MKP) dan restrukturisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) pada MKP. Direncanakan mulai semester genap 2020-2021, mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran mempunyai hak untuk memilih selama 8 semester mengikuti kegiatan perkuliahan di Prodi S1 Biologi Unsoed (8-0) atau 5 semester kuliah di Prodi S1 Biologi Unsoed dan 2 semester mengikuti pembelajaran diluar Prodi Biologi Unsoed, dan 1 semester menyelesaikan tugas akhir (5-2-1), sebagaimana yang diilustrasikan pada Gambar 2 dan Gambar 3.

Gambar 2. BKP Pertukaran Pelajar Model-1
                         Gambar 2. BKP Pertukaran Pelajar Model-1
Gambar 2. BKP Pertukaran Pelajar Model-2
                         Gambar 3. BKP Pertukaran Pelajar Model-2

 

Program studi S1 Biologi Fakultas Biologi Unsoed juga akan menyelenggarakan BKP magang pada semester genap 2020-2021. Mata Kuliah Magang merupakan mata kuliah yang bersifat mandiri yang dilakukan di luar kampus oleh mahasiswa. Magang merupakan praktik kerja mahasiswa sebagai kegiatan nyata di lapangan dengan mitra (industri, instansi pemerintah/ swasta, kelompok masyarakat, lembaga diklat, badan-badan usaha, dan organisasi lain) dalam kerangka Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, untuk memperoleh pemahaman dan keterampilan yang dilaksanakan dalam periode waktu 1 (satu) semester, sehingga meningkatkan profesionalisme mahasiswa sesuai dengan disiplin ilmunya.

Fakultas Biologi Unsoed memiliki 4 (empat) bagian, yaitu Zoologi, Botani, Biologi Lingkungan dan Mikrobiologi. Masing-masing bagian dipimpin oleh Ketua Bagian yang dibantu oleh Sekretaris Bagian. Terkait dengan pelaksanaan BKP Magang, dari masing-masing Bagian telah memiliki paket Magang pada lokasi Mitra MBKM yang relevan. Berikut ini merupakan paket magang yang ditawarkan dari setiap bagian:

  • Bidang Zoologi

Paket magang terbanyak ditawarkan dari bagian Zoologi yaitu 6 paket. Mahasiswa yang tertarik di bidang perikanan dapat memilih magang di Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi atau magang budidaya ikan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi. Mahasiswa yang tertarik di bidang karsinologi juga dapat memilih magang budidaya Litopenaeus vanname di PT. Citra Larva Lampung, magang karsinologi di BBPBAT Pelabuhan Ratu, atau magang budidaya Macrobrachium rosenbergii di BBPBAT Sukabumi. Selain bidang perikanan dan karsinologi, mahasiswa juga ditawarkan magang terkait pest control di Pestindo Central Optima (PCO).

Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi
Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi
  Gambar 4. Balai Riset Pemuliaan
          Ikan (BRPI) Sukamandi

 

  •  Bagian Botani

Mahasiswa program studi S1 Biologi juga diberikan kesempatan untuk magang terkait tumbuhan. Bagian Botani menawarkan 2 paket magang, yaitu Magang di Kebun Raya Baturraden dan Magang di Kebun Raya Purwodadi.

Kebun Raya Purwodadi
          Gambar 5. Kebun Raya Purwodadi

 

  •  Bagian Lingkungan

Bagian Biologi Lingkungan menawarkan 3 paket magang. Mahasiswa yang tertarik untuk magang terkait analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dapat memilih magang di PT. Mitra Adi Pranata atau di Widya Cipta Buana. Bagian Biologi Lingkungan juga menawarkan opsi magang yang lain, yaitu magang pengelolaan kawasan di Kebun Raya Baturraden.

Kebun Raya Baturraden
    Gambar 6. Kebun Raya Baturraden

 

  • Bagian Mikrobiologi

Bagian Mikrobiologi juga menawarkan 3 paket magang. Mahasiswa yang tertarik dengan budidaya jamur dapat melaksanakan magang di CV. Asa Agro Cianjur atau di CV. Agro Jamur Pabuaran. Selain itu, mahasiswa juga ditawarkan untuk magang terkait bioremediasi limbah tekstil menggunakan jamur di Balai Besar Tekstil Bandung.

CV. Asa Agro Cianjur
        Gambar 7. CV. Asa Agro Cianjur
CV. Agro Jamur Pabuaran
     Gambar 8. CV. Agro Jamur Pabuaran