B1A015143

A Dimas Cahyaning Furqon

Program Studi

Progres Studi Akhir
Progres Studi Akhir
S1 ‧ Pendadaran
Tanggal Pelaksanaan/Penetapan
Tempat Pelaksanaan
Online
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi

Diversitas dan Filogenetik Teripang (Echinodermata: Holothuroidea) di Pulau Matakus dan Selaru Kepulauan Tanimbar Maluku

Abstrak

Maluku merupakan salah satu produsen utama teripang di Indonesia, tetapi sumber dayanya telah menurun dengan signifikan sebagai konsekuensi dari peningkatan permintaan pasar dan manajemen penangkapan teripang yang masih lemah. Indentifikasi yang akurat sangat penting untuk mengetahui diversitas spesies dalam suatu komunitas guna merumuskan langkah konservasinya. DNA barcoding secara efektif dan efisien telah digunakan untuk mengidentifikasi beberapa hewan avertebrata laut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi spesies teripang menggunakan teknik DNA barcoding di Pulau Matakus dan Selaru Kepulauan Tanimbar Maluku dan merekonstruksi hubungan filogenetik berdasarkan karakter urutan basa nukleotida gen Cytochrome Oxidase Subunit I (COI). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei di perairan Pulau Matakus dan Selaru. Identifikasi awal di lapangan menggunakan karakter morfologi eksternal. Barcoding dilakukan dengan membandingkan hasil urutan basa nukleotida masing-masing sampel dengan urutan basa nukleotida yang sebelumnya telah dipublikasi di bank data (BOLD dan GenBank). Rekonstruksi pohon filogenetik dilakukan menggunakan metode maximum parsimony (MP), maximum likelihood (ML) pada software MEGA 6, bayesian inference (BI) pada software MrBayes 3.2, dan metode jarak neighbor-joining (NJ) pada software PAUP* 4. Identifikasi awal di lapangan diperoleh 17 spesies teripang dari Pulau Matakus dan Selaru Kepulauan Tanimbar yang terbagi ke dalam 4 genus, yaitu Actinopyga, Bohadschia, Holothuria (familia Holothuriidae), dan Stichopus (familia Stichopodidae). Gen COI dari 12 sampel spesies teripang berhasil disekuensing urutan basa nukleotidanya. Spesies teripang yang berhasil diidentifikasi melalui teknik barcoding adalah Actinopyga lecanora, A. miliaris, Bohadschia marmorata, B. vitiensis, Holothuria atra, H. coluber, H. fuscocinerea, Stichopus ocellatus, dan S. vastus. Semua pohon filogenetik mendukung bahwa Actinopyga, Bohadschia, dan Stichopus merupakan genus monofiletik. MP, ML, dan BI menunjukkan bahwa Holothuria adalah genus monofiletik, akan tetapi pada pohon NJ Holothuria merupakan genus polifiletik. Semua pohon filogenetik juga mendukung bahwa Actinopyga adalah basal group dari genus teripang lainnya dan Holothuriidae merupakan familia parafiletik dengan tidak mengikutsertakan genus Stichopus.

Kata Kunci
Teripang, MTB, DNA Barcoding, gen COI, Filogenetik
Pembimbing/Promotor
Video Seminar

  

Ketua Tim Penerima PKM 5 Bidang Tahun 2019 Skema PKMPE (Penelitian) "Induksi Reproduksi Aseksual Teripang Menggunakan Ikat Karet Untuk Perbanyakan Individu: Upaya Konservasi Di Kepulauan Tanimbar Maluku Tenggara Barat"