Rangkaian Kegiatan Pemilihan Dekan Fak. Biologi Unsoed Periode 2021-2025

Pelaksanaan pemilihan Dekan Fakultas Biologi Unsoed periode 2021-2025, berlandaskan pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  Nomor 28 Tahun 2017 tentang Statuta Universitas Jenderal Soedirman, dan surat Keputusan Rektor Nomor 1298/UN23/KP.02.02/2018 tentang pengangkatan pimpinan Fakultas di Universitas Jenderal Soedirman.

Jadwal kegiatan pemilihan dekan Fakultas Biologi Unsoed Periode 2021-2025 adalah sebagai berikut:

  • Sosialisasi Pemilihan Dekan Fakultas Biologi Periode 2021 - 2025 secara Daring | Sabtu, 20 Maret 2021 
  • Pendaftaran Bakal Calon Dekan Fakultas Biologi Periode 2021 - 2025 | 23-30 Maret 2021
  • Verifikasi dan Penetapan Bakal Calon Dekan | Rabu, 7 April 2021
  • Sosialisasi Visi, Misi dan Program Kerja Oleh Bakal Calon Dekan dihadapan Civitas Akademika Fakultas Biologi Unsoed | Kamis, 8 April 2021
  • Tahap Penyaringan /Pemungutan Suara | Juma’t, 9 April 2021
  • Rapat Senat Fakultas Bersama Rektor Untuk Memilih Calon Dekan Fakultas Biologi Periode 2021 - 2025 | Rabu, 14 April 2021 (Tentatif)

Catatan:
Tahap penjaringan dan penyaringan bakal calon dekan dilakukan oleh Senat Fakultas  paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya masa jabatan dekan yang sedang menjabat.

Persyaratan Bakal Calon Dekan Fakultas Biologi Unsoed
Seorang dosen untuk dapat dipilih dan diusulkan sebagai dekan, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Dosen Fakultas Biologi berstatus PNS
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter Pemerintah.
  4. Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun pada saat diangkat.
  5. Memiliki pengalaman manajerial di lingkungan perguruan tinggi paling rendah sebagai Ketua Bagian. 
  6. Berpendidikan doktor (S3).
  7. Menduduki jabatan paling rendah lektor kepala.
  8. Memiliki setiap unsur penilaian prestasi kerja pegawai (PKPP), bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir.
  9. Tidak sedang menjalankan tugas belajar atau izin belajar lebih dari 6 (enam) bulan dalam rangka studi lanjut yang meninggalkan tugas Tridharma Perguruan Tinggi yang dinyatakan secara tertulis.
  10. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.
  11. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
  12. Tidak pernah melakukan plagiasi sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.
  13. Bebas narkotika, prekursor dan zat adiktif lainnya.
  14. Telah membuat dan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi. 
  15. Tidak merangkap jabatan di dalam atau di luar Unsoed, dan tidak melaksanakan tugas tambahan lain dari luar Unsoed.

Dokumen Persyaratan Pendaftaran
Seorang dosen yang memenuhi persyaratan dapat mendaftarkan diri menjadi bakal calon dekan Fakultas Biologi dengan menyerahkan berkas persyaratan berupa dokumen kelengkapan administrasi pencalonan sebagai berikut :

  1. Surat pernyataan kesediaan menjadi bakal calon dekan Fakultas Biologi Unsoed
  2. Surat pernyataan bakal calon dekan
  3. Surat Pakta Integritas bakal calon dekan
  4. Surat keterangan sehat
  5. Foto copy KTP
  6. Pas Foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 (dua) buah
  7. Biodata bakal calon dekan
  8. SK jabatan fungsional terakhir
  9. SK jabatan struktural
  10. Foto copy laporan LHKPN
  11. Foto copy Ijazah terakhir
  12. Foto copy nilai PPKP 2 (dua) tahun terakhir
  13. Visi, Misi dan Program Kerja

Tahap Pendaftaran Menjadi Bakal Calon Dekan
Proses pendaftaran untuk menjadi bakal calon dekan adalah sebagai berikut:

  1. Panitia mengirim form kesediaan kepada dosen yang memenuhi persyaratan administrasi  untuk menjadi  bakal calon dekan.  
  2. Dosen yang bersedia mendaftarkan diri secara langsung kepada panitia dengan menyerahkan semua dokumen persyaratan pendaftaran dalam map berwarna biru.

Verifikasi dan Penetapan Bakal Calon Dekan

  1. Bakal calon dekan yang berhak mengikuti pemilihan calon dekan adalah bakal calon yang telah memenuhi  persyaratan. Panitia memberi waktu (sesuai jadwal yang telah  ditentukan)  kepada bakal  calon  untuk  segera  melengkapi  dokumen persyaratan apabila didapati persyaratan yang kurang.
  2. Panitia menetapkan dan mengumumkan nama-nama bakal calon dekan yang memenuhi persyaratan (sesuai jadwal yang telah ditentukan) sebagai bakal calon dekan yang berhak mengikuti pemilihan dekan Fakultas Biologi Unsoed Periode 2021- 2025.

 

Penjaringan  Bakal Calon Dekan

  1. Jumlah  bakal  calon  dalam  pemilihan  dekan  Fakultas Biologi Unsoed Periode 2021- 2025 minimal 2 (dua) orang. Pemilihan tidak dapat dilaksanakan apabila bakal calon hanya 1 (satu) orang.
  2. Apabila bakal calon yang mendaftar dan memenuhi syarat  hanya 2 (dua) orang, maka bakal calon dekan tersebut langsung ditetapkan menjadi calon yang akan dipilih dalam rapat senat (pada jadwal yang telah ditentukan).
  3. Apabila bakal calon yang mendaftar dan memenuhi syarat  lebih dari 3 (tiga) orang, maka dilakukan tahap penyaringan melalui pemungutan suara yang dilakukan oleh seluruh dosen Fakultas Biologi untuk mendapatkan 3 (tiga) orang bakal calon dekan.
     

Penyaringan Bakal Calon Dekan 

  1. Penyaringan bakal calon dekan melalui pemungutan suara dilaksanakan apabila jumlah bakal calon dekan berjumlah 3 (tiga) orang atau lebih. 
  2. Pemungutan suara diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Biologi baik yang berstatus aktif maupun yang sedang melaksanakan studi lanjut secara luring/daring dengan menerapkan protokol kesehatan.
  3. Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,  bakal calon dekan memaparkan  Visi, Misi, dan Program Kerja di hadapan seluruh civitas akademik Fakultas Biologi Unsoed secara luring/daring dengan menerapkan protokol kesehatan. 
  4. Pemaparan Visi, Misi, dan Program Kerja masing-masing bakal calon dekan dilakukan secara bergantian dengan durasi waktu maksimal 30 (tiga puluh) menit. 
  5. Apabila  bakal calon dekan tidak hadir untuk menyampaikan Visi Misi dan Program Kerjanya, maka hak pencalonannya dinyatakan gugur.
  6. Dosen yang tidak hadir atau terlambat hadir dalam pelaksanaan pemungutan suara sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan, kehilangan hak suaranya.
  7. Pemberian suara dilakukan melalui kertas suara, yaitu dengan cara mencentang (√) salah satu nama bakal calon dekan yang dipilih yang terdapat pada kertas suara
  8. Kertas suara yang sudah dicentang dilipat kembali dan dimasukkan dalam kotak suara. 
  9. Suara dianggap sah apabila kertas suara dicentang dengan benar. Sebaliknya, suara dianggap tidak sah apabila kertas suara dicentang dengan tidak benar, seperti centangan yang dilakukan pada lebih dari satu nama bakal calon dekan
  10. Kertas suara yang tidak dicentang sama sekali dinyatakan abstain, tidak memiliki nilai suara. Penghitungan suara disaksikan oleh 2 (dua)  orang saksi yang berasal dari dosen Fakultas Biologi
  11. Hasil perhitungan suara diserahkan kepada Senat Fakultas Biologi untuk dilakukan tahapan pemilihan calon dekan Fakultas Biologi oleh anggota Senat dan Rektor

Rapat Senat Pemilihan dan Penetapan Calon Dekan 

  1. Rapat Senat pemilihan calon Dekan dihadiri oleh anggota Senat Fakultas Biologi Unsoed dan Rektor
  2. Rapat  Senat  dalam  hal  ini  adalah  rapat  senat  pemilihan  Calon  Dekan  untuk menentukan Calon Dekan Terpilih. Sebagaimana telah diutarakan, jumlah calon dekan yang akan dipilih dalam rapat Senat  adalah 3 (tiga) orang, atau 2 (dua) orang.
  3. Bakal calon dekan memaparkan Visi, Misi dan Program kerja dihadapan anggota Senat Fakultas Biologi Unsoed dan Rektor, sebelum dilakukan pemungutan suara.
  4. Pemaparan Visi, Misi, dan Program Kerja masing-masing bakal calon dekan dilakukan secara bergantian dengan durasi waktu masing-masing maksimal 30 (tiga puluh) menit.
  5. Apabila bakal calon dekan tidak hadir untuk menyampaikan Visi Misi dan Program Kerjanya, hak pencalonannya dinyatakan gugur.
  6. Setiap anggota Senat memiliki 1 (satu) hak suara. Total suara anggota Senat adalah 65% (sejumlah 13 suara), Rektor mempunyai hak suara 35% (sejumlah 7 suara). Rapat Senat Pemilihan Calon Dekan ini dipimpin oleh Ketua Senat.
  7. Rapat senat mensyaratkan kuorum, yaitu 2/3 (dua per tiga) jumlah anggota Senat (13 orang).  
  8. Anggota Senat yang tidak hadir atau terlambat hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, kehilangan hak suaranya.
  9. Pemberian suara dilakukan melalui kertas suara, yaitu dengan cara mencentang (√) salah satu nama bakal calon dekan yang dipilih yang terdapat pada kertas suara. 
  10. Kertas suara yang sudah dicentang dilipat kembali dan dimasukkan dalam kotak suara. Suara dianggap sah apabila kertas suara dicentang dengan benar. Sebaliknya, suara dianggap tidak sah apabila kertas suara dicentang dengan tidak benar, seperti centangan yang dilakukan pada lebih  dari  satu  nama  calon dekan
  11. Kertas  suara  yang  tidak  dicentang  sama  sekali  dianggap abstain, tidak memiliki nilai suara. Penghitungan suara dilakukan di bawah 2 (dua) orang saksi.
  12. Calon Dekan Terpilih ditentukan berdasarkan perolehan suara terbanyak, kemudian ditetapkan  sebagai Calon Dekan  Terpilih  yang  akan  dikirimkan  kepada  Rektor  untuk  diangkat/dilantik menjadi Dekan Fakultas Biologi periode 2021 – 2025.
     

Purwokerto, 20 Maret 2021
Panitia