Ujian Terbuka Promosi Doktor oleh Dr. Yayan Hendrayana

Fakultas Biologi Unsoed – Kamis, 16 Juli 2020, Program Studi Biologi (S-3) Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman kembali melaksanakan ujian terbuka promosi doktor secara daring, pada kesempatan ini Yayan Hendrayana yang merupakan mahasiswa doktor program studi Biologi ( S-3) Fakultas Biologi Unsoed dan merupakan Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan,  Yayan Hendrayana resmi menyandang gelar doktor yang ke-9 di Fakultas Biologi Unsoed, setelah menyelesaikan ujian terbuka.

Ujian terbuka promosi doktor dipimpin oleh Pimpinan Sidang  Prof. Dr.rer.nat. Imam Widhiono MZ, M.S.  dan promotor Dr. Pudji Widodo, M.Sc. serta  ko-promotor Prof. Dr. Ir. Cecep Kusmana, M.S dan Dr. Eming Sudiana, M.Si , serta tim penguji yang terdiri dari Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si., Dr. Suhestri Suryaningsih, M.S. , Dr. Ir. Istomo, M.Si. , dan Dr. Ruhyat Partasasmita, M.Si.

Disertasi yang disusun berjudul “PERANAN Ficus spp. TERHADAP KELESTARIAN POPULASI MONYET PEMAKAN DAUN DI GUNUNG TILU KABUPATEN KUNINGAN” yang dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Dalam Disertasinya disimpulkan : (1) Terdapat 12 jenis Ficus spp di Gunung Tilu, tersebar mulai ketinggian 600 m dpl hingga 1.000 m dpl

(2) Terdapat 2 jenis monyet pemakan daun yaitu Surili (Presbytis comata) dan Lutung jawa (Trachypithecus auratus), tersebar mulai ketinggian 600 m dpl hingga 900 m dpl

(3) Peranan Ficus spp. bagi monyet pemakan daun adalah sebagai tumbuhan pakan sebesar 40% (10 jenis), tempat istirahat 71% dan tempat berjemur sebanyak 62%.

(4) Model konservasi yang dilakukan adalah dengan melakukan konservasi in situ : penanaman pada kawasan yang kepadatannya rendah serta pemangkasan.

Selamat kepada Dr. Yayan Hendrayana, semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dan memajukan dunia pendidikan serta instansi tempat mengabdi. Maju terus pantang mundur tak kenal menyerah.