Ilham Adhya Doktor ke-8 PS S3 Fakultas Biologi Unsoed

Rabu, (15/7) 2020, Program Doktor Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman melaksanakan ujian terbuka promosi doktor secara daring, adalah Ilham Adhya  yang merupakan mahasiswa doktor program studi S3 Biologi resmi menyandang gelar doktor yang ke-8 di Fakultas Biologi, setelah menyelesaikan ujian terbuka.

Ujian terbuka promosi doktor dipimpin oleh Pimpinan Sidang Prof. Dr. rer. nat Imam Widhiono MZ., M.S. sekaligus penguji,  promotor Dr. Pudji Widodo, M.Sc. ko-promotor I  Prof. Dr. Ir. Cecep Kusmana, M.S.  dan Dr. Eming Sudiana, M.Si , ko-Promotor II serta tim penguji yang terdiri dari Dr. Endang Hilmi, S.Hut., M.Si, Dr. Elly Proklamasiningsih, M.P. , Dr. Ir. Istomo, M.Si, Dr. Ichsan Suwandhi, S. Hut., M.Si.

Disertasi yang disusun berjudul “ Preferensi  ekologis jenis tendani (goniothalamus macrophyllus

blume) hook.f. & thomson) dalam hubungannya dengan kandungan senyawa kimia di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat”  dan dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Dalam disertasinya Ilham  meneliti tentang G. macrophyllus ditemukan di hutan dataran rendah pada ketinggian 432 – 1.273 mdpl. Kandungan senyawa kimia pada daun yang teridentifikasi secara keseluruhan diperoleh 55 senyawa kimia, sedangkan kandungan senyawa kimia yang paling banyak ditemukan pada berbagai ketinggian tempat sebanyak 7 (tujuh) senyawa kimia, dengan rincian senyawa 1,8-Cineole terdeteksi pada 16 lokasi ketinggian tempat sedangkan senyawa δ-Cadinene, Geraniol, β-Pinene, Linalool dan 1-Phellandrene terdeteksi pada 15 lokasi ketinggian tempat. Kandungan senyawa kimia pada kulit yang teridentifikasi secara keseluruhan mencapai 53 senyawa kimia, sedangkan kandungan senyawa kimia yang paling banyak ditemukan pada berbagai ketinggian tempat sebanyak 7 (tujuh) senyawa kimia, dengan rincian senyawa 1,8-Cineole dan δ-Cadinene terdeteksi pada 17 lokasi ketinggian tempat,  senyawa Caryophllene dan α-Humulele, teridentifikasi pada 16 lokasi ketinggian tempat, sedangkan Geraniol, Nerolidol dan 1-Phellandrene terdeteksi pada 15 lokasi ketinggian tempat.

Faktor-faktor yang secara signifikan berpengaruh terhadap kandungan senyawa minyak tendani (β-pinene dan 1-phellandrene) mencakup empat faktor yang secara bersama-sama berpengaruh nyata dengan nilai R2 sebesar 0,54 yaitu: (1) pH tanah; (2) C/N Ratio; (3) magnesium (Mg); dan (4) tekstur tanah liat. Ke empat faktor tersebut berpengaruh negatif terhadap kandungan senyawa kimia, dimana kenaikan kandungan faktor tersebut dapat menurunkan kandungan senyawa kimia.

Konservasi insitu sebagai salah satu upaya mempertahankan populasi G. macrophyllus pada habitat alaminya dengan mempertahankan struktur populasinya, karena sifat G. macrophyllus yang toleran terhadap naungan. Upaya budidaya G. macrophyllus sebagai salah satu upaya penyediaan bahan baku industri minyak atsiri dapat dilakukan dengan memperhatikan preferensi ekologis untuk meningkatkan produksi kandungan senyawa kimianya.

Selamat kepada Dr. Ilham Adhya  semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dan memajukan dunia pendidikan serta instansi tempat mengabdi. Maju Terus Pantang Mundur Tak Kenal Menyerah !.