Laboratorium

Mycology

Kepala Laboratorium

Visi
Menjadi rujukan bagi kajian pengembangan dan aplikasi Mikologi dan Fitopatologi bertaraf nasional dan internasional yang relevan dengan pengelolaan sumberdaya hayati berkelanjutan serta menjunjung kearifan lokal.

Misi

  1. Menjadi penunjang keberlangsungan aktivitas pendidikan yang efektif dan efisien, guna menghasilkan lulusan yang bermoral, kompeten, berdaya saing internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan diseminasi hasilnya, melalui publikasi nasional dan internasional serta monograf dan buku referensi
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui kaji tindak, penerapan teknologi kreatif-inovatif, dalam pengelolaan sumberdaya hayati berkelanjutan yang selaras dengan kearifan lokal.
  4. Mengembangkan tata kelola laboratorium yang sehat dan serasi dengan menerapkan sistem penjaminan mutu, prinsip transparansi dan akuntabilitas.
  5. Mengembangkan kerjasama dalam penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Mikologi dan Fitopatologi pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Tujuan
Mewujudkan terselenggaranya proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan kapasitas sumberdaya manusia, sarana prasarana, dan perluasan kerjasama baik dengan stake holder terkait.

Sasaran

  1. Meningkatnya jumlah dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen anggota Laboratorium Mikologi dan Fitopatologi
  2. Meningkatnya jumlah mahasiswa yang terlibat dalam proyek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen anggota Laboratorium Mikologi dan Fitopatologi.
  3. Meningkatnya jumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah yang ditawarkan oleh Fakultas Biologi yang diselenggarakan oleh Laboratorium Mikologi dan Fitopatologi.
  4. Meningkatnya kerjasama dengan stake holder.

Strategi

  1. Pemutakhiran materi ajar secara berkala dan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan peroleh hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen Laboratorium Mikologi dan Fitopatologi.
  3. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Laboratorium Mikologi dan Fitopatologi melalui pengembangan riset berbasis roadmap serta mengikuti pendidikan dan pelatihan yang relevan untuk peningkatan kompetensi.
  4. Meningkatkan kelengkapan sarana prasarana dan sistem pengelolaannya.
  5. Mendorong kepeminatan mahasiswa dalam penelitian dalam bidang Mikologi dan Fitopatologi.
  6. Mempromosikan hasil-hasil penelitian yang dilaksanakan di Laboratorium Mikologi dan Fitopatologi.

Kegiatan

  1. Penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) disesuaikan dengan perkembangan IPTEK bidang Mikologi dan Fitopatologi
  2. Memastikan setiap dosen anggota Laboratorium Mikologi dan Fitopatologi melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Pelaksanaan butir nomor 2. tersebut di atas didasarkan pada roadmap penelitian yang telah disusun.
  4. Mengikutsertakan anggota laboratorium Mikologi dan Fitopatologi dalam kegiatan-kegiatan pelatihan, seminar dan lokakarya dalam bidang yang relevan.
  5. Mendorong Fakultas untuk memenuhi kebutuhan sarana prasarana laboratorium melalui pengadaan peralatan yang sesuai.
  6. Menawarkan penelitian-penelitian dan pengabdian masyarakat kepada mahasiswa untuk melaksanakan tugas akhir yang dibiayai melalui proyek-proyek dosen.
  7. Memberikan layanan keilmuan dalam bidang Mikologi dan Fitopatologi yang dibutuhkan oleh stakeholder.

Tim Dosen Laboratorium Mikologi dan Fitopatologi:

  1. Drs.Eddy Tri Sucianto, M.P. | Fitopatologi
  2. Uki Dwiputranto, Grad.Dip.Sc, M.Sc. | Fitopatologi
  3. Dra. Endang Sri Purwati, M.P. | Fitopatologi
  4. Dr. Nuniek Ina Ratnaningtyas, M.S. | Mikologi
  5. Dr. Nuraeni Ekowati, M.S. | Mikologi
  6. Drs. Aris Mumpuni, M.Phil. | Fitopatologi
  7. Juni Safitri Muljowati, S.Si., M.P. | Fitopatologi
  8. Dr. Ratna Stia Dewi, S.Si., M.Sc. | Mikologi
  9. Arif Rahman Hikam. S.Pd, M.Si. | Mikologi

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP):
Rhevi Raditya Ginanjar. S.T.