Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

TUGAS AKHIR | SKRIPSI

Identitas:

Kode Mata Kuliah: BIW 4202

Bobot sks: 4 (0 – 4)

Deskripsi:

Skripsi adalah karya tulis yang disusun oleh mahasiswa dengan mengikuti kaidah ilmiah sebagai laporan tertulis atas hasil penelitian yang telah dilakukannya di bawah bimbingan tim dosen pembimbing sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan derajat sarjana sains pada Program Studi S1 Biologi Fakultas Biologi Unsoed. Kegiatan skripsi meliputi pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan penelitian. Laporan penelitian dapat disusun setelah pelaksanaan penelitian selesai. Penelitian dianggap selesai apabila mahasiswa telah melaksanakan seminar hasil penelitian dan jangka waktu penelitian paling lama adalah satu tahun, terhitung sejak pelaksanaan seminar usulan penelitian. Skripsi dievaluasi dalam suatu uji kompetensi berupa ujian skripsi.

Capaian Pembelajaran:

Mahasiswa mampu menyusun suatu karya tulis ilmiah bidang biologi dengan memadukan pengetahuan dan ketrampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan hasil penelitian yang dilakukannya dengan mengikuti kaidah ilmiah.

Manfaat:

  1. Mahasiswa memperoleh ketrampilan berkomunikasi ilmiah secara tertulis.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan yang pemecahannya dilakukan melalui kajian biologi.
  3. Mahasiswa mampu mendiseminasikan hasil penelitian dalam forum atau publikasi ilmiah.

Persyaratan Ujian Skripsi:

  1. Skripsi telah tercantum dalam KSM pengusul.
  2. Mahasiswa telah menyusun skripsi dan telah disetujui oleh tim pembimbing.
  3. Prosedur Pelaksanaan Ujian Skripsi:
  4. Mahasiswa yang akan menempuh ujian skripsi menyiapkan borang penilaian ujian skripsi yang tersedia di Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi (borang dapat diunduh melalui situs http://bio.unsoed.ac.id).
  5. Mahasiswa menghadap tim pembimbing untuk melaksanakan ujian skripsi.
  6. Ujian skripsi dapat dilaksanakan dalam waktu berbeda di antara anggota tim pembimbing, tetapi pembimbing I wajib mengompilasi nilai ujian skripsi dari semua pembimbing.
  7. Komponen penilaian dalam skripsi adalah praktik pelaksanaan penelitian, penyusunan skripsi, dan penguasaan materi skripsi. 
  8. Mahasiswa dinyatakan lulus ujian skripsi apabila memperoleh nilai rata-rata sekurang-kurangnya C.  Apabila tidak lulus, mahasiswa diberi kesempatan menempuh satu kali ujian skripsi ulangan paling cepat satu minggu setelah ujian skripsi pertama.
  9. Pembimbing I menyerahkan kompilasi nilai hasil ujian skripsi kepada Pembantu Dekan I untuk disahkan.
Halaman ini »