Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

TUGAS AKHIR | SEMINAR USULAN PENELITIAN

Identitas:

Kode Mata Kuliah: BIW4201

Bobot sks: 1 (0 – 1)

Deskripsi:

Seminar usulan penelitian adalah forum pemaparan usulan penelitian skripsi mahasiswa dalam upaya untuk mendapatkan perbaikan agar usulan penelitian dapat menjadi pedoman yang terinci dan terstruktur bagi mahasiswa dalam melaksanakan penelitian skripsinya. Forum pemaparan usulan penelitian terdiri atas mahasiswa pengusul, pembimbing, penelaah, moderator, dan notulis.

Capaian Pembelajaran:

Setelah melaksanakan seminar usulan penelitian mahasiswa mampu menyampaikan gagasan secara lisan dan mempertahankannya dalam forum ilmiah.

Manfaat:

  1. Penelitian skripsi yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa menjadi lebih terarah.
  2. Mahasiswa memperoleh ketrampilan berkomunikasi ilmiah secara lisan.
  3. Persyaratan Seminar Usulan Penelitian:
  4. Seminar Usulan Penelitian telah tercantum dalam KSM pengusul.
  5. Draf usulan penelitian telah mendapatkan persetujuan oleh tim pembimbing skripsi untuk diseminarkan.

Prosedur Pelaksanaan:

  1. Pendaftaran seminar usulan penelitian dilakukan secara online melalui situs http://bio.unsoed.ac.id disertai dengan unggah file draf usulan penelitian yang disusun menggunakan templat standar dan telah disetujui  oleh tim pembimbing.
  2. Halaman pengesahan yang telah disetujui oleh tim pembimbing dicetak dan ditandatangani oleh tim pembimbing dan diserahkan ke KSA.
  3. KSA memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan tim seminar usulan penelitian paling lama satu minggu sejak pendaftaran oleh mahasiswa.
  4. KSA menyusun jadwal (waktu dan tempat) seminar usulan penelitian dan mengunggah jadwal tersebut ke situs http://bio.unsoed.ac.id.
  5. Surat undangan seminar usulan penelitian dibuat oleh Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan paling lambat tiga hari setelah menerima penetapan tim seminar usulan penelitian dan jadwal pelaksanaan seminar usulan penelitian dari KSA.
  6. Surat undangan seminar usulan penelitian sudah harus diterima oleh tim seminar usulan penelitian paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan seminar usulan penelitian.
  7. Seminar dapat berlangsung jika dihadiri oleh seluruh tim seminar usulan penelitian. Namun, jika salah satu pembimbing berhalangan hadir, seminar masih dapat berlangsung.
  8. Lama waktu pelaksanaan seminar usulan penelitian maksimal 90 menit, yang diawali dengan presentasi usulan penelitian oleh mahasiswa selama 15 menit.
  9. Penilaian seminar usulan penelitian diberikan oleh dosen pembimbing dan dosen penelaah, masing-masing dengan proporsi 30% dan 70%.
  10. Mahasiswa dinyatakan lulus seminar usulan penelitian apabila memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan C.
  11. Jika mahasiswa memperoleh nilai seminar usulan penelitian kurang dari C, maka dilakukan seminar ulangan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan tim seminar usulan penelitian. 
  12. Revisi usulan penelitian disahkan oleh Pembantu Dekan I paling lambat satu bulan sejak pelaksanaan seminar usulan penelitian. Apabila penyerahan revisi usulan penelitian melebihi batas waktu yang ditentukan, maka mahasiswa diwajibkan mengulang seminar usulan penelitian.
  13. Nilai seminar usulan penelitian diserahkan oleh moderator ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan dengan batas waktu tiga minggu setelah periode ujian akhir semester.
  14. Komponen penilaian meliputi :
  • sikap dan penyajian                                        
  • kemampuan mengemukakan pendapat            
  • penguasaan materi
  • kualitas usulan penelitian

10%

25%

35%

30%

 

Halaman ini »