Praktek Kerja Lapangan S1

TUGAS AKHIR | PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)

Deskripsi:
Mata kuliah ini merupakan tugas latihan melaksanakan suatu proses kerja  perseorangan yang dilakukan oleh mahasiswa di suatu instansi atau lembaga, yang relevan dengan metode dan ketrampilan di bidang biologi, dan hasilnya disusun dalam bentuk laporan tertulis. Kegiatan PKL ditekankan pada penguasaan teknik dan metode, tidak dimaksudkan untuk mendapatkan dan menganalisis data penelitian.

Persyaratan PKL:

  1. Mahasiswa program sarjana yang telah mengumpulkan minimal 85 sks dengan IPK ≥ 2,0 dapat mengajukan usulan PKL.
  2. Total sks minimal 85 sks dihitung  dengan menjumlahkan total sks semester terakhir dengan jumlah sks yang diambil pada semester yang sedang berjalan, sedangkan IPK 2,0 dibuktikan dengan KHS semester terakhir.
  3. PKL dapat dilakukan di laboratorium, perusahaan, instansi, atau tempat lain yang sesuai dengan bidang ilmu.
  4. Usulan PKL dibuat oleh mahasiswa dan diketahui oleh pembimbing akademik, dan diajukan ke komisi studi akhir  untuk ditentukan calon pembimbingnya.
  5. Komisi studi akhir menyampaikan usulan PKL tersebut pada ayat (4) kepada dekan dengan melampirkan nama calon dosen pembimbing PKL.
  6. Dekan menerbitkan keputusan tentang pengangkatan dosen pembimbing PKL bagi mahasiswa yang bersangkutan.
  7. Mahasiswa melakukan PKL setelah usulannya disetujui oleh pembimbing PKL.
  8. Batas waktu penyelesaian PKL paling lama adalah 1 (satu) semester.
  9. Apabila mahasiswa tidak menyelesaikan PKL dalam 1 (satu) semester, maka yang bersangkutan harus mengajukan usulan PKL baru.

Persyaratan Pembimbing PKL:

  1. Pembimbing PKL terdiri atas satu dosen tetap Fakultas Biologi Unsoed dan bila PKL dilaksanakan di instansi atau lembaga lain wajib ditambah dengan pembimbing lapangan.
  2. Dosen pembimbing PKL minimal berkualifikasi magister dengan jabatan akademik asisten ahli dan keahlian sesuai dengan topik PKL yang ditetapkan dengan SK Dekan.
  3. Setiap dosen pembimbing PKL sebanyak-banyaknya membimbing 5 (lima) mahasiswa dalam satu semester.
  4. Pembimbing lapangan adalah staf dari institusi atau lembaga tempat dilaksanakannya PKL yang mempunyai keahlian sesuai dengan kegiatan PKL.

Prosedur PKL:

  1. Pendaftaran PKL ke KSA dengan mengisi formulir Usulan Pembimbing PKL (Form PKL-01) yang dilengkapi dengan KHS terakhir dan sinopsis rencana PKL.
  2. Pada  saat  pendaftaran  PKL,  mahasiswa  dapat  mengusulkan  calon  pembimbing  yang  sesuai dengan rencana PKL.
  3. KSA menerima ajuan topik PKL dan sinopsisnya serta memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan dosen pembimbing PKL berdasarkan kompetensi yang sesuai.
  4. Dekan mengeluarkan surat tugas (ST) pembimbing PKL.
  5. Masa pelaksanaan PKL maksimal 1 semester. Jika melampaui batas maksimal masa pelaksanaan PKL, maka mahasiswa harus mengajukan proposal PKL baru dengan topik yang berbeda.
  6. Apabila ada perubahan topik dan atau pembimbing PKL, mahasiswa wajib mengajukan perubahan dengan mengisi Form PKL-02.
  7. Pelaksanaan PKL dibuktikan dengan log-book/lembar kinerja standar pelaksanaan PKL yang ditulis tangan dengan diketahui oleh pembimbing/pembimbing lapangan/kepala lab/teknisi dalam bentuk paraf.
  8. Setelah pelaksanaan PKL berakhir, mahasiswa wajib membuat laporan pelaksanaan PKL sesuai dengan templat standard dan dilampiri logbook/lembar kinerja.
  9. Laporan PKL yang telah disetujui oleh dosen pembimbing PKL kemudian dicetak dan dijilid serta diajukan ke Wakil Dekan Bidang Akademik untuk disahkan.
  10. Laporan PKL wajib diserahkan  ke  pembimbing  dan  Fakultas,  masing-masing  satu  eksemplar  beserta  dengan softcopy-nya paling lambat sebelum UTS bagi mahasiswa yang melaksanakan PKL pada libur semester.
  11. Bagi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PKL dalam semester berjalan, laporan PKL diserahkan paling lambat sebelum UAS.
  12. Uji  kompetensi  PKL  wajib  dilaksanakan  oleh  dosen  pembimbing  dan  pembimbing  lapangan. Ujian PKL dilaksanakan sebelum mahasiswa menyerahkan laporan PKL ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan.
  13. Komponen penilaian meliputi
    1. Penyusunan rencana PKL (20%)
    2. Pelaksanaan PKL
      1. kehadiran (10%)
      2. kedisiplinan (10%)
      3. keaktifan (10%)
      4. kecermatan (10%)
      5. tanggung-jawab (10%)
    3. Laporan PKL (20%)
    4. Ujian PKL (10%)
  14. Ujian PKL dengan hasil nilai C dapat diulang.
  15. Nilai ujian PKL diserahkan oleh dosen pembimbing ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan dengan batas waktu tiga minggu setelah periode ujian akhir semester.
  16. Pada saat mahasiswa menyerahkan laporan PKL ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan, mahasiswa mendapatkan tanda terima sebagai bukti penyerahan laporan.