Greenhouse (Rumah Kaca)

Green House (Rumah Kaca)

Kelengkapan alat dan fasilitas penunjang penelitiann merupakan kebutuhan penting bagi perkembangan dan keberlanjutan penelitian. Fakultas Biologi sudah mempunyai fasilitas greenhouse, bertempat di sebelah selatan Fakultas Biologi Unsoed.Bangunan ini merupakan fasilitas pendukung untuk kegiatan penelitian kelompok riset tumbuhan, mikrobiologi, hingga ekologi. Diharapkan dapat lebih memacu minat dan aktivitas mahasiswa dan dosen untuk melakukan penenlitian.

Manfaat dan Fungsi Green House
Ada beberapa manfaat dan fungsi yang nantinya akan Anda dapatkan jika Anda membuat sebuah green house ini, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Sebagai sarana untuk melakukan pembibitan tanaman. Manfaat yang pertama adalah sebagai sarana yang digunakan untuk melakukan pembibitan tanaman. Tentu saja dengan cuaca yang sedang tidak menentu ini membuat tanaman mudah rapuh, maka dari itu dengan dibuatnya green house ini tentu saja dapat dijadikan sebagai sarana yang baik untuk melakukan pembibitan tanaman.
  • Sebagai tempat untuk melakukan karantina tanaman. Karantina tanaman yang dimaksud adalah merawat tanaman yang memiliki masalah seperti terkena hama, penyakit tanaman, dan lain sebagainya. Maka dari itu jika diletakkan di dalam green house ini dinilai akan aman sehingga tidak akan terkena penyakit lainnya yang ada diluar sana.
  • Sebagai tempat untuk membudidayakan tanaman tertentu. Ada beberapa tanaman yang hanya dapat tumbuh jika dirawat di tempat-tempat tertentu seperti tanaman holtikultura yaitu buah, sayur, bunga, tanaman herbal, dan juga beberapa tanaman hias. Tentunya akan sangat membutuhkan tempat yang harus terjaga dari sinar mataharinya, suhunya, kandungan airnya, dan lain sebagainya.
  • Sebagai sarana agro wisata. Selain mempunyai manfaat yang bisa dijadikan sebagai salah satu sarana untuk merawat tanaman, green house ini juga kadang sering digunakan sebagai sarana agro wisata seperti petik buah, dan lainnya.
  • Sebagai agromat atau agroshop. Manfaat green house yang terakhir tentu saja untuk dijadikan sebagai salah satu usaha yang menguntungkan, diletakkan didalam green house ini agar tidak mempersulit si penjual dalam menjual tanamannya. Karena jika tanaman yang sedang di rawat ini dipindahkan ke tempat lain maka takutnya akan menimbulkan kerusakan, atau malah menimbulkan penyakit tanaman. Maka akan lebih baik jika pembelinya datang langsung ke green house ini.

(Dari berbagai sumber)