Visi, Misi , Tujuan & Sasaran

VISI FAKULTAS BIOLOGI UNSOED

Menjadi rujukan ilmu pengetahuan dan teknologi biologi bertaraf internasional yang relevan dengan pengelolaan sumberdaya hayati berkelanjutan serta menjunjung kearifan lokal.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang optimal guna menghasilkan lulusan yang bermoral, kompeten, berdaya saing tinggi, khususnya dalam pengelolaan sumberdaya hayati berkelanjutan yang selaras dengan kearifan lokal.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan diseminasi hasilnya, untuk pengelolaan sumberdaya hayati berkelanjutan yang selaras dengan kearifan lokal, dan berorientasi kepada peningkatan daya saing bangsa.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui kaji tindak, penerapan teknologi kreatif-inovatif, dan kerjasama dengan stakeholders, khususnya dalam pengelolaan sumberdaya hayati berkelanjutan yang selaras dengan kearifan lokal.
  4. Mengembangkan tata kelola Fakultas yang sehat dan serasi dengan menerapkan sistem penjaminan mutu, prinsip transparansi, akuntabilitas, serta meritokrasi.
  5. Mengembangkan kerjasama dalam penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang biologi pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.


TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang bermoral; kompeten secara akademik dan profesional di bidang biologi, khususnya dalam pengelolaan sumber daya hayati yang berkelanjutan dan selaras dengan kearifan local; memiliki keunggulan kompetitif, kemampuan kepemimpinan yang arif, wawasan kebhinekaan, serta kemampuan memecahkan masalah..
  2. Meningkatkan profesionalisme staf pendidik dan kependidikan.
  3. Mewujudkan budaya akademik excellent melalui peningkatan suasana akademik
  4. Meningkatkan prestasi mahasiswa.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengayaan  materi pembelajaran dan pengembangan produk unggulan menuju pencapaian visi Fakultas.
  6. Mewujudkan tata kelola Fakultas yang akuntabel melalui penerapan sistem penjaminan mutu, meritokrasi, dan efisiensi pelayanan.
  7. Meningkatkan produktivitas melalui efisiensi pemanfaatan sarana prasarana
  8. Meningkatkan kemitraan dengan stakeholders dalam dan luar negri.

SASARAN

  1. Meningkatnya efisiensi dan produktivitas pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dalam menghasilkan sarjana, magister, doktor bidang biologi, dan bisa juga ahli madya yang relevan dengan biologi.
  2. Meningkatnya daya saing lulusan
  3. Meningkatnya citra Fakultas Biologi Unsoed
  4. Meningkatnya kualitas pelayanan dan kegiatan akademis
  5. Berjalannya sistem penjaminan mutu yang meningkat terus menerus, termasuk kesinambungan sistem pengukuran dan evaluasi kinerja.
  6. Berkembangnya manajemen internal yang efisien dan profesional.
  7. Meningkatnya akreditasi / pengakuan kualitas oleh instituti eksternal yang kredibel
  8. Meningkatnya program internasionalisasi dalam bentuk terwujudnya credit transfer system, program double / joint degree, peningkatan jumlah mahasiswa asing serta bertambahnya jumlah program studi.
  9. Meningkatnya partisipasi dan prestasi mahasiswa pada kegiatan kemahasiswaan di tingkat nasional dan internasional
  10. Meningkatnya jumlah penelitian dengan sumber dana kompetitif nasional dan internasional yang relevan dengan pengembangan sumberdaya hayati berkelanjutan
  11. Bertambahnya publikasi dalam jurnal bereputasi, terakreditasi, berindeks (scopus atau lainnya), ber-impact factor baik, di tingkat nasional dan internasional.
  12. Meningkatnya peran serta dalam kegiatan konsorsium biologi tingkat nasional dan kegiatan ilmiah tingkat regional ASEAN dan internasional.
  13. Meningkatnya efisiensi unit-unit internal fakultas menjadi pusat kegiatan atau  Revenue Generating Activity (RGA)
  14. Berkembangnya Revenue Generating Unit (RGU)   
  15. Meningkatnya karya kreatif-inovatif yang dimanfaatkan oleh stakeholders.
  16. Meningkatnya kesesuaian kepakaran staf akademik dan lulusan dengan kebutuhan dan tuntutan stakeholders.
  17. Berkembangnya resource sharing antar dan inter unit internal dalam fakultas dan dengan fakultas lain
  18. Meningkatnya partisipasi stakeholders dalam pengembangan institusi
  19. Meningkatnya peran alumni dalam pengembangan fakultas
  20. Bertambahnya jumlah kerjasama yang berkualitas dengan institusi dalam dan luar negeri

Update : 26-08-2019 | 21:33