Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Biokonservasi

Kode Mata Kuliah : BIP325

SKS : 2 (2-0)

Prasyarat :

Tim Pengajar :

Silabus Kurikulum :

Deskripsi :

Mata kuliah Biokonservasi adalah mata kuliah pilihan pada kurikulum S1 Biologi UNSOED dan tidak memerlukan prasyarat, tetapi disarankan untuk mengambil mata kuliah Ekologi untuk memudahkan materi yang akan diajarkan. Mata kuliah Biokonservasi memberikan definisi biokonservasi, menyatakan asal usul biokonservasi, menguraikan pengertian keragaman hayati, merumuskan ancaman keragaman hayati, memperkirakan index keragaman hayati, menunjukkan problem populasi kecil, menyatakan pendapat penerapan biologi populasi, membenarkan pembentukan populasi baru, memprakarsai pembentukan daerah yang dilindungi, dan mempersiapkan pengelolaan daerah yang dilindungi.

Capaian Pembelajaran :

Kompetesi umum mata kuliah adalah setelah menempuh satu semester pembelajaran mata kuliah biokonservasi diharapkan mahasiswa dapat memilih konservasi tingkat species dan menanggapi konservasi tingkat habitat yang tepat dibutuhkan untuk direkomendasikan dalam mengatasi masalah.
 
Untuk mencapai kompetensi umum tersebut dicapai melalui kompetensi khusus yaitu mahasiswa akan dapat:
6.1.   memberikan definisi biokonservasi,
6.2.      menyatakan asal usul biokonservasi,
6.3.      menguraikan pengertian keragaman hayati,
6.4.      merumuskan ancaman keragaman hayati,
6.5.      memperkirakan index keragaman hayati,
6.6.      menunjukkan problem populasi kecil,
6.7.      menyatakan pendapat penerapan biologi populasi,
6.8.      membenarkan pembentukan populasi baru,
6.9.      memprakarsai pembentukan daerah yang dilindungi, dan
mempersiapkan pengelolaan daerah yang dilindungi

Manfaat :

7.1.      mahasiswa dapat mendemonstrasikan kerja tim yang efisien
7.2.      mahasiswa akan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasinya, serta
7.3.      mahasiswa akan meningkatkan kemampuan kerjasama dan empatinya

Strategi Pembelajaran :

Satuan Acara Pembelajara Teori :

Tatap Muka Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Kompetensi Bahan Bacaan Materi Presentasi
1
 
 
2
 
 
3
 
 
4
 
 
5
 
 
6
 
 
7
 
 
8
 
 
9
 
 
10
 
 
11
 
 
12
 
 
13
 
 
14
 
 
15
 
 
16
 
 

Satuan Acara Pembelajara Praktikum :

Tatap Muka
Acara Praktikum Kompetensi Bahan Bacaan Petunjuk Praktikum
1
2
3
4
5
6
7
8

Satuan Tugas Terstruktur :

Tugas Terstruktur Deskripsi Tugas Terstruktur Kompetensi Format Tugas Terstruktur

Rancangan Penilaian Evaluasi Hasil Pembelajaran :

Nilai Ujian Tengah Semester
Nilai Ujian Akhir Semester
Nilai Tugas Terstruktur
Nilai Praktikum
Nilai Kuis

Referensi :

Gaston, K.J.1996. Biodiversity: A biology of numbers and difference. Blackwell Science Ltd., Oxford.
 
Krebs, C.J.  Ecological methodology. Second edition. Benjamin/Cummings, Menlo Park.
 
Primack, R.B. 2002. Essentials of conservation biology. Third edition. Sinauer Associates Inc., Sunderland.
 
White, A.T., Martosubroto, P. Sadorra, M.S.M. 1989. The coastal environmental profile of Segara Anakan Cilacap, South Java, Indonesia. International Center for Living Aquatic Resources Management on behalf of the Association of Southeast Asian Nations/United States Coastal Resources Management Project, Manila.
 
Putaka lain yang berhubungan sangat dianjurkan untuk melengkapi dan menyelesaikan tugas pemecahan dua masalah scenario yang harus dipecahkan secara diskusi kelompok.

Halaman ini »