Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

KOMISI STUDI AKHIR (KSA)

Deskripsi:

KSA adalah tim yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dekan dengan kewenangan mendukung tugas Pembantu Dekan I dalam pengelolaan studi akhir mahasiswa, yang meliputi praktik kerja lapangan (PKL) dan tugas akhir (TA).

Struktur Organisasi:

KSA beranggotakan 8 (delapan) dosen yang dipilih oleh Dekan untuk mendukung tugas Pembantu Dekan I. Dosen yang terpilih wajib melaksanakan tugas sebagai anggota KSA dengan masa kerja dua tahun. Pergantian parsial anggota KSA dilaksanakan tiap tahun untuk 4 anggota KSA. KSA dipimpin oleh seorang ketua dibantu oleh seorang sekretaris yang ditunjuk oleh Pembantu Dekan I di antara anggota KSA. Keanggotaan KSA sewaktu-waktu dapat diganti apabila tidak melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan atau mengundurkan diri dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tugas dan Wewenang:

  1. KSA bertanggung jawab kepada Dekan melalui Pembantu Dekan I.
  2. KSA menerima ajuan topik PKL dan memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan dosen pembimbing PKL berdasarkan kompetensi yang sesuai.
  3. KSA menerima ajuan topik skripsi dan sinopsisnya serta memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan dosen pembimbing I skripsi berdasarkan kompetensi yang sesuai.
  4. KSA menerima usulan dari pembimbing I skripsi mengenai penunjukan pembimbing II dan pembimbing III (jika ada) dan memberikan rekomendasi kepada Dekan.
  5. KSA memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan dosen penguji seminar usulan penelitian, seminar hasil penelitian, dan ujian pendadaran berdasarkan kompetensi yang sesuai.
  6. KSA menyusun jadwal seminar usulan penelitian dan seminar hasil penelitian.
  7. KSA mengunggah hasil rapat KSA ke situs resmi Fakultas Biologi Unsoed.

Tata Tertib Rapat KSA:

  1. Rapat KSA diselenggarakan sekurang-kurangnya 2 (dua) kali seminggu pada hari Selasa dan Kamis pukul 14.00 – 16.30 WIB bila ada ajuan topik PKL dan atau skripsi. Bila hari pelaksanaan rapat bertepatan dengan hari libur, maka pelaksanaan rapat KSA diganti pada hari lain dalam minggu yang sama.
  2. Rapat KSA dinyatakan sah bila memenuhi kuorum ½n + 1 (5 anggota). Bila rapat KSA tidak memenuhi kuorum, maka pelaksanaan rapat KSA diganti pada hari lain dalam minggu yang sama.
Halaman ini »