B1J013158

FATIMAH AULYA ROHIMA

Program Studi

Progres Studi Akhir
Progres Studi Akhir
S1 ‧ Pendadaran
Tanggal Pelaksanaan/Penetapan
Tempat Pelaksanaan
Ruang Rapat Biologi Lingkungan
Judul Skripsi/Tesis/Disertasi

Pengaruh Pemberian  Urea Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Gracilaria gigas Harvey

 

Abstrak

Rumput laut Gracilaria gigas merupakan salah satu rumput laut yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sehingga kualitas dan produksinya harus ditingkatkan, oleh karena itu diperlukan unsur hara tambahan sebagai bahan baku proses metabolisme dalam meningkatkan pertumbuhan. Unsur N merupakan faktor pembatas bagi pertumbuhan G.gigas sebab sumbernya tidak banyak, unsur N dalam perairan dapat berbentuk Amoniak, nitrat, nitrit dan urea terlarut. Kadar nitrit pada perairan biasanya sekitar 0,001 mg/l dan sebaiknya tidak melebihi 0,06 mg/l.  Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh pemberian urea untuk meningkatkan pertumbuhan G. gigas Harvey serta menentukan konsentrasi urea yang mampu menghasilkan pertumbuhan G. gigas Harvey tertinggi.
Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental dengan rancangan penelitian menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan tujuh perlakuan yaitu, A: 0 ppm urea  B: 10 ppm urea, C: 20 ppm urea, D: 30 ppm urea, E: 40 ppm urea, F: 50 ppm urea dengan ulangan sebanyak tiga kali. Variabel yang diamati adalah variabel utama yaitu pertumbuhan dan produksi G.gigas serta variabel pendukung yaitu salinitas, suhu, pH, dan kadar nitrit dalam media. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anova dengan tingkat kepercayaan 95% dan 99%, jika hasil Anova signifikan dilanjutkan dengan uji BNT .
Hasil penelitian menunjukkan pemberian konsentrasi urea yang berbeda memberikan hasil yang  berbeda pada pertumbuhan G. gigas Harvey dan tidak memberikan pengaruh yang berbeda  terhadap produksi G.  gigas Harvey. Pertumbuhan tertinggi G. gigas Harvey. dengan pemberian urea pada konsentrasi 30 ppm (17,8 g.) dan Produksi tertinggi G. gigas Harvey. dengan pemberian urea pada konsentrasi 30 ppm (235,5 g.). Parameter penunjang pertumbuhan seperti pH, suhu, dan salinitas yang diukur masih dalam kisaran yang optimal dalam pertumbuhan, pH diangka 7, suhu kisaran 25 - 29 oC, dan Salinitas 25-35  o/oo.

 

Kata Kunci
Gracilaria gigas, urea, pemupukan, pertumbuhan, produksi
Pembimbing/Promotor