Ujian Terbuka Promosi Doktor Farida Nur Rachmawati

Ujian Terbuka Promosi Doktor

Rabu (3/7), Program Studi Biologi ( S-3 ) Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman kembali melaksanakan ujian terbuka promosi doktor, pada kesempatan ini Farida Nur Rachmawati  yang merupakan mahasiswa doktor program studi S3 Biologi merupakan Dosen Fakultas Biologi  Universitas Jenderal Soedirman. Farida Nur Rachmawati resmi menyandang gelar doctor  yang ke-5  di Fakultas  Biologi, Universitas Jenderal Soedirman setelah menyelesaikan ujian terbuka.

Ujian terbuka promosi doktor dipimpin oleh Pimpinan Sidang Prof. Dr.rer.nat. Imam Widhiono MZ., M.S. dan tim promotor Dra. Yulia Sistina, M.Sc.Stud., Ph.D dan ko-promotor Prof. Dr. Ir. Ridwan Affandi, DEA, serta tim penguji yang terdiri dari Penguji Ekternal dari  Fakultas Sains dan Teknologi  Universitas Airlangga Surabaya Dr. Alfiah Hayati, M.Kes. , dan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia Dr. Abinawanto, M.Si., sebagai Penguji Internal Dr. Sorta Basar Ida S., M.Si,   Penelaah  Prof. Dr. Mas Yedi Sumaryadi, M.S. Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman , Penelaah  Dra. Gratiana Ekaningsih W., M.Rep.Sc., Ph.D. Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman.  Disertasi yang disusun berjudul “Kajian Morfologi dan Fisiologi Reproduksi Ikan sidat Tropis Anguilla bicolor McClelland Jantan yang Memperoleh Manipulasi Lingkungan ” yang dinyatakan lulus,  dengan predikat Sangat Memuaskan dengan masa studi 4 tahun 4 bulan 3 hari.

Disertasi yang diujikan mengenai Ikan sidat Anguilla bicolor McClelland yan merupakan ikan spesies katadromus, yang hidup di perairan tawar pada fase pertumbuhan selanjutnya akan bermigrasi ke perairan laut pada fase reproduksi untuk memijah. Ketersediaan induk ikan sidat baik jantan maupun betina merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses reproduksi, namun Ikan sidat jantan dewasa sulit ditangkap dari  alam, karena ikan sidat jantan akan menyelesaikan proses spermatogenesisnya di perairan laut. Dengan demikian, upaya penyediaan ikan sidat jantan dewasa sangat mendesak untuk dilakukan.

Salah satu kendala dalam penyediaan ikan sidat jantan dewasa adalah sulitnya membedakan ikan sidat jantan dan betina oleh karena itu diperlukan data karakter morfometrik yang menjadi penentu jenis kelamin pada ikan sidat.

Selamat kepada Doktor Farida Nur Rachmawati,M.Si  semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dan memajukan dunia pendidikan serta instansi tempat mengabdi. Maju Terus Pantang Mundur Tak Kenal Menyerah!.