Prosedur Operasional Baku (POB) Tugas Akhir Prodi Sarjana Biologi Unsoed

Prosedur Operasional Baku (POB) Pelaksanaan Studi Akhir Program Studi Sarjana Biologi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman

TUGAS AKHIR | PENGAJUAN TOPIK SKRIPSI

Persyaratan Pengajuan Topik Tugas Akhir (TA):

  1. Mahasiswa telah menyelesaikan 115 sks dengan IPK > 2.00 yang dibuktikan dengan KHS terakhir (Peraturan Rektor Unsoed No.6 Tahun 2018 Bagian Ketiga pasal 18 | Unduh).
  2. Mahasiswa telah menyelesaikan PKL dan dinyatakan lulus yang dibuktikan dengan KHS.
  3. Seminar Usulan Penelitian telah tercantum dalam KSM pengusul.
  4. Topik penelitian berada dalam ruang lingkup kajian biologi yang tertuang dalam outline usulan penelitian TA.
  5. Lama penyelesaian skripsi maksimal 1 (satu) tahun terhitung sejak pembimbing ditentukan oleh komisi studi akhir sampai dengan nilai skripsi keluar dan apabila lebih dari 1 (satu) tahun maka skripsi tersebut harus dikaji ulang oleh pimpinan fakultas dengan melibatkan komisi studi akhir.
  6. Kaji ulang dapat berupa penggantian pembimbing, penggantian judul, dan/atau perpanjangan masa penyelesaian skripsi. Hasil kaji ulang dituangkan dalam bentuk Berita Acara kaji ulang penyelesaian skripsi.
  7. Ujian skripsi dilaksanakan setelah seminar hasil penelitian.

Persyaratan Pembimbing dan Penelaah Tugas Akhir:

  1. Pembimbing TA terdiri atas 2 dosen.
  2. Dosen pembimbing I adalah dosen tetap Fakultas Biologi Unsoed.
  3. Dosen pembimbing I harus memiliki gelar akademik sekurang-kurangnya Magister dengan jabatan akademik sekurang-kurangnya Asisten Ahli.
  4. Dosen pembimbing II dapat berasal dari luar Fakultas Biologi Unsoed.
  5. Dosen pembimbing II harus memiliki gelar akademik sekurang-kurangnya Magister dengan jabatan akademik sekurang-kurangnya Asisten Ahli. Jika pembimbing II berasal dari lembaga penelitian di luar perguruan tinggi, maka tidak diperlukan persyaratan jabatan akademik tetapi telah memiliki jabatan fungsional peneliti.
  6. Dosen penelaah terdiri atas 2 dosen tetap Fakultas Biologi Unsoed dan harus memiliki gelar akademik sekurang-kurangnya Magister dengan jabatan akademik sekurang-kurangnya Asisten Ahli.
  7. Dosen yang sedang melaksanakan tugas belajar tidak diperkenankan menjadi dosen pembimbing dan penelaah TA.
  8. Seorang dosen, baik sebagai pembimbing I dan II, sebanyak-banyaknya memiliki 10 mahasiswa bimbingan TA dalam satu semester.

Prosedur Pengajuan Topik Tugas Akhir:

  1. Pendaftaran usulan topik TA ke KSA dilakukan secara online melalui Sistem Informasi Akademik (SIA) dilengkapi dengan OUTLINE usulan penelitian TA (Form SA-TA-01 | Unduh), KHS terakhir dan Form SA-TA-02  (Unduh).
    • Unggah Outline  (Unggah file outline hanya bisa dilakukan jika mata kuliah seminar usulan penelitian dientri di KRS) :
      1. Buat outline usulan penelitian sesuai  Form SA-TA-01 dan simpan dalam format pdf (file diberi nama: NIM-Nama Mhs-Outiline)
      2. Scan KHS yg mencantumkan mata kuliah PKL  dan file disimpan dalam format pdf.
      3. Isi Form SA-TA-02 dan ditandatangani dosen PA dan Koprodi dan scan dalam format pdf.
      4. Gabung file KHS dan Form SA-TA-02 dan file gabungan diberi nama: NIM-Nama mhs-KHS&SA-TA-02
      5. Unggah kedua file di SIA.
  2. Pada saat pendaftaran usulan topik TA, mahasiswa dapat mengusulkan calon pembimbing dengan keahlian yang sesuai dengan usulan topik penelitian.
  3. Komisi Studi Akhir melaksanakan rapat untuk menentukan pembimbing TA dengan mempertimbangkan kesesuaian usulan topik TA dengan bidang keahlian dosen dan kuota pembimbingan skripsi.
  4. Komisi Studi akhir mengunggah nama dosen pembimbing I dan pembimbing II yang diusulkan (apabila kedua calon pembimbing berasal dari Unsoed), sinopsis dan KHS ke Sistem Informasi Akademik Unsoed.
  5. Komisi Studi Akhir mengusulkan calon pembimbing I dan II kepada Dekan (Form SATA-03), setelah dosen pembimbing yang diusulkan menyetujui sebagai pembimbing (dibuktikan dengan Bukti Cetak Kesediaan Pembimbing). Apabila pembimbing II berasal dari luar Unsoed maka Wakil Dekan Bidang Akademik mengirimkan Surat Kesediaan sebagai pembimbing (Form SA-TA-04).
  6. Dekan menerbitkan SK Tim Pembimbing Tugas Akhir.
  7. Apabila penelitian dilaksanakan di luar Fakultas Biologi, maka mahasiswa mengajukan permohonan ijin penelitian (Form SA-TA-05 | Unduh) kepada Wakil Dekan Bidang Akademik.
  8. Apabila diperlukan adanya perubahan judul Skripsi, mahasiswa wajib mengajukan perubahan dengan mengisi Form SA-TA-06 (Unduh). Apabila perubahan judul skripsi berkonsekuensi dengan perubahan pembimbing Skripsi maka mahasiswa wajib mengajukan permohonan perubahan pembimbing skripsi dengan mengisi Form SA-TA-07 (Unduh).

 

TUGAS AKHIR | SEMINAR USULAN PENELITIAN

Seminar usulan penelitian adalah forum pemaparan usulan penelitian skripsi mahasiswa dalam upaya untuk mendapatkan perbaikan agar usulan penelitian dapat menjadi pedoman yang terinci dan terstruktur bagi mahasiswa dalam melaksanakan penelitian skripsinya. Forum pemaparan usulan penelitian terdiri atas :

  • mahasiswa pengusul,
  • pembimbing,
  • penelaah,
  • moderator (dari KSA),
  • notulis.

Persyaratan Seminar Usulan Penelitian:

  1. Seminar Usulan Penelitian telah tercantum dalam KSM pengusul.
  2. Draf usulan penelitian telah mendapatkan persetujuan oleh tim pembimbing skripsi untuk diseminarkan.

Prosedur Pelaksanaan:

  1. Pendaftaran seminar usulan penelitian dilakukan dengan mengisi Form SA-SUP-01 (Unduh) dan menyerahkan draf usulan penelitian yang telah disetujui oleh dosen pembimbing skripsi ke KSA.
  2. KSA memberikan rekomendasi kepada Dekan mengenai penunjukan tim seminar usulan penelitian paling lama satu minggu sejak pendaftaran oleh mahasiswa.
  3. KSA menyusun jadwal (waktu dan tempat) seminar usulan penelitian dan mengumumkan jadwal tersebut.
  4. Surat undangan seminar usulan penelitian dibuat oleh Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan paling lambat tiga hari setelah menerima penetapan tim seminar usulan penelitian dan jadwal pelaksanaan seminar usulan penelitian dari KSA.
  5. Surat undangan seminar usulan penelitian dilampiri dengan Usulan Penelitian yang telah disetujui oleh Tim Pembimbing dan Lembar Evaluasi usulan Penelitian (Form SA-SUP-02) harus sudah diterima oleh tim seminar usulan penelitian paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan seminar usulan penelitian.
  6. Seminar dapat berlangsung jika dihadiri oleh seluruh tim seminar usulan penelitian. Namun, jika salah satu pembimbing berhalangan hadir, seminar masih dapat berlangsung dan pembimbing yang tidak hadir mengisi dan menandatangani Form Pelimpahan tugas seminar (Form SA-SUP-03 | Unduh).
  7. Lama waktu pelaksanaan seminar usulan penelitian maksimal 90 menit, yang diawali dengan presentasi usulan penelitian oleh mahasiswa selama 15 menit.
  8. Penilaian seminar usulan penelitian diberikan oleh dosen pembimbing dan dosen penelaah, masing-masing dengan proporsi 30% dan 70%.
  9. Komponen penilaian meliputi:
    1. sikap dan penyajian 10%
    2. kemampuan mengemukakan pendapat 25%
    3. penguasaan materi 35%
    4. kualitas usulan penelitian 30%
  10. Mahasiswa dinyatakan lulus seminar usulan penelitian apabila memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan C.
  11. Jika mahasiswa memperoleh nilai seminar usulan penelitian kurang dari C, maka dilakukan seminar ulangan yang ditentukan berdasarkan kesepakatan tim seminar usulan penelitian.
  12. Nilai seminar usulan penelitian (Form SA-SUP-04A dan SA-SUP-04B) dan Berita Acara Seminar usulan Penelitian (Form SA-SUP-05) diserahkan oleh Moderator/Notulis ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan paling lambat 1 hari setelah pelaksanaan seminar usulan penelitian.
  13. Usulan penelitian yang telah diperbaiki dan disetujui oleh dosen pembimbing serta KSA (dibuktikan dengan Form SA-SUP-06 | Unduh) dijilid dan disahkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik paling lambat satu bulan setelah pelaksanaan seminar usulan penelitian. Apabila penyerahan revisi usulan penelitian melebihi batas waktu yang ditentukan, maka mahasiswa diwajibkan mengulang seminar usulan penelitian.  


TUGAS AKHIR | SEMINAR HASIL PENELITIAN

Seminar hasil penelitian adalah forum pemaparan laporan hasil penelitian skripsi mahasiswa sebagai pertanggungjawaban ilmiah untuk mendapatkan masukan dan penyempurnaan dari peserta seminar dengan maksud agar laporan penelitian dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik. Seminar hasil penelitian dihadiri oleh tim pembimbing dan tim penelaah yang sama dengan tim seminar usulan penelitian, ditambah dengan moderator, penulis, dan wakil KSA sebagai pengamat, serta sekurang- kurangnya sepuluh orang mahasiswa. Seminar hasil penelitian dinilai oleh tim pembimbing dan tim penelaah.

Persyaratan Seminar Hasil Penelitian:

  1. Mahasiswa telah mencantumkan komponen Seminar Hasil Penelitian pada KSM.
  2. Naskah skripsi telah disusun sesuai dengan Pedoman Penulisan Tugas Akhir dan mendapatkan persetujuan dari tim pembimbing untuk diseminarkan.
  3. Mahasiswa telah mengikuti seminar hasil penelitian sekurang-kurangnya 10 kali yang dibuktikan dengan kartu peserta seminar bertanda tangan moderator dan Koordinator Program Studi S1.
  4. Mahasiswa telah menyusun makalah skripsi yang telah ditandatangani oleh dosen pembimbing.

Prosedur Pelaksanaan:

  1. Pendaftaran seminar hasil penelitian dilakukan dengan cara mengisi Form SA-SHP-01 (Unduh) dan menyerahkan draf skripsi yang telah disetujui oleh dosen pembimbing kepada KSA.
  2. KSA menyusun jadwal seminar hasil penelitian dan mengumumkan jadwal tersebut.
  3. KSA mengajukan usulan SK tim seminar hasil penelitian kepada Dekan paling lama 1 hari kerja sejak dirapatkan dan kepada Subbag Akademik dan Kemahasiswaan untuk dibuatkan undangan.
  4. Surat undangan seminar hasil penelitian dibuat oleh Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan paling lambat 3 hari kerja setelah menerima penetapan tim seminar hasil penelitian dan jadwal pelaksanaan seminar hasil penelitian dari KSA.
  5. Surat undangan seminar hasil penelitian dilampiri draf skripsi yang telah disetujui tim pembimbing dan lembar evaluasi (Form SA-SHP-02) harus sudah diterima oleh tim seminar hasil penelitian paling lambat 3 hari kerja sebelum pelaksanaan seminar hasil penelitian.
  6. Seminar dapat berlangsung jika dihadiri oleh mahasiswa yang bersangkutan, salah satu pembimbing, dua orang penelaah, pengamat, moderator, notulis dan 10 orang mahasiswa peserta. Jika salah satu pembimbing berhalangan hadir harus mengkomunikasikan kepada KSA dengan mengisi Form SA-SHP-03 (Unduh) agar seminar dapat berjalan.
  7. Lama waktu pelaksanaan seminar hasil penelitian kurang lebih 60 menit, yang diawali dengan presentasi hasil penelitian oleh mahasiswa selama 15 menit.
  8. Penilaian seminar hasil penelitian diberikan oleh dosen pembimbing dan dosen penelaah, komponen penilaian meliputi:
    1. sikap 10%
    2. penyajian 10%
    3. kemampuan mengemukakan pendapat 30%
    4. penguasaan materi 50%
  9. Nilai akhir seminar merupakan hasil dari pembimbing dan penelaah dengan proporsi masing-masing 30% dan 70%.
  10. Mahasiswa dinyatakan lulus seminar hasil penelitian apabila memperoleh nilai sekurang- kurangnya C.
  11. Jika mahasiswa tidak lulus, maka seminar hasil diulang pada waktu yang disepakati oleh tim seminar hasil penelitian.
  12. Nilai seminar hasil penelitian (Form SA-SHP-04A dan SA-SHP-4B) dan berita acara Seminar Hasil Penelitian (Form SA-SH-05) diserahkan oleh moderator ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan setelah seminar berakhir.
  13. Mahasiswa memperbaiki draf skripsi berdasarkan masukan pada saat seminar hasil setelah berkonsultasi dengan pembimbing.
  14. Naskah skripsi yang telah diperbaiki dan disetujui oleh kedua pembimbing dan pengamat (KSA) dibuktikan dengan pengisian Form SA-SHP-06 (Unduh). File Naskah Skripsi yang sudah final selanjutnya dikirim melalui email KSA (komisita.fbio@gmail.com) untuk pengecekan plagiasi dengan software TURNITIN. Setelah dinyatakan bebas dari plagiasi selanjutnya skripsi dijilid dan disahkan oleh Dekan sebagai syarat yudisium.

 

TUGAS AKHIR | SKRIPSI

Skripsi adalah karya tulis yang disusun oleh mahasiswa dengan mengikuti kaidah ilmiah sebagai laporan tertulis atas hasil penelitian sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan derajat sarjana sains pada Program Studi S1 Biologi Fakultas Biologi Unsoed. Kegiatan skripsi meliputi pelaksanaan penelitian, penulisan laporan penelitian, dan ujian skripsi. Laporan penelitian dapat disusun setelah pelaksanaan penelitian selesai. Penelitian dianggap selesai apabila mahasiswa telah melaksanakan seminar hasil penelitian dan jangka waktu penyelesaian skripsi paling lama adalah satu tahun, terhitung sejak penentuan dosen pembimbing skripsi sampai ujian skripsi . Skripsi dinilai dalam ujian skripsi.

Persyaratan Ujian Skripsi:

  1. Skripsi telah tercantum dalam KSM pengusul.
  2. Mahasiswa telah menyusun skripsi dan telah disetujui oleh tim pembimbing.
  3. Mahasiswa telah dinyatakan lulus Seminar Hasil Penelitian (dibuktikan dengan Berita Acara Seminar Hasil Penelitian).
  4. Menyerahkan buku konsultasi PA, PKL dan TA yang telah diisi dan ditandatangani oleh pembimbing dan disahkan oleh Koprodi dan Wakil Dekan I kepada Subbag Akademik dan Kemahasiswaan dibuktikan dengan tanda terima.

Prosedur Penilaian Skripsi:

  1. Mahasiswa yang akan menempuh ujian skripsi menyepakati waktu pelaksanaan ujian dengan dosen pembimbing skripsi.
  2. Pada saat pelaksanaan ujian skripsi mahasiswa membawa Formulir penilaian ujian skripsi (Form SA-NS-01 | Unduh) yang tersedia di Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi.
  3. Ujian skripsi dapat dilaksanakan dalam waktu berbeda di antara anggota tim pembimbing, tetapi pembimbing I wajib mengompilasi nilai ujian skripsi dari semua pembimbing.
  4. Komponen penilaian dalam skripsi adalah praktik pelaksanaan penelitian (40%), penyusunan skripsi (50%), dan ujian skripsi (10%).
  5. Mahasiswa dinyatakan lulus ujian skripsi apabila memperoleh nilai rata-rata sekurangkurangnya C. Apabila tidak lulus, mahasiswa diberi kesempatan menempuh satu kali ujian skripsi ulangan paling cepat satu minggu setelah ujian skripsi pertama.
  6. Pembimbing I menyerahkan kompilasi nilai hasil ujian skripsi kepada Wakil Dekan Bidang Akademik untuk disahkan.

 

TUGAS AKHIR | PENDADARAN

Pendadaran adalah ujian komprehensif bidang biologi sebagai kegiatan akademik terakhir yang harus diikuti oleh mahasiswa untuk memperoleh derajad sarjana sains. Materi ujian pendadaran mengacu kepada kisi-kisi yang ditentukan oleh Program Studi S1 Biologi Unsoed meliputi konsep dasar biologi (Taksonomi, Struktur dan Fungsi, Ekologi dan Diversitas, Genetika dan Evolusi, Mikrobiologi). Ujian pendadaran dilaksanakan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris (untuk kelas Internasional) dan pelaksanaannya tanpa didahului dengan pemaparan skripsi.

Persyaratan Ujian Pendadaran:

  1. Mahasiswa telah lulus semua mata kuliah wajib dan menyelesaikan sekurang-kurangnya 143 SKS tanpa nilai E.
  2. Ujian Pendadaran telah tercantum pada KSM.
  3. Mahasiswa kelas regular telah lulus Unsoed English Proficiency Test (UEPT) yang diselenggarakan oleh UPT Bahasa Unsoed dengan skor > 400 (empat ratus), sedangkan mahasiswa kelas internasional telah lulus UEPT dengan skor > 450 (empat ratus lima puluh).
  4. Mahasiswa telah menyerahkan bukti unggah artikel ilmiah dari e-SIA.
  5. Mahasiswa telah bebas dari kewajiban administratif pengembalian peminjaman alat dari laboratorium tempat pelaksanaan TA di Fakultas Biologi Unsoed (Form SABP-01 | Unduh).
  6. Mahasiswa telah bebas dari kewajiban administratif pengembalian peminjaman buku di Perpustakaan Pusat Unsoed dan PII Fakultas Biologi (Form SA-BP-02 | Unduh).

Prosedur Pelaksanaan:

  1. Mahasiswa mengisi data alumni secara manual formulir data alumni (Form SA-PD-01 | Unduh).
  2. Mahasiswa menyerahkan persyaratan administrasi ke Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan berupa:
    1. Draf skripsi yang telah diperbaiki dan disetujui oleh dosen pembimbing dan KSA (dibuktikan dengan Form SA-SHP-06).
    2. Mengisi formulir evaluasi studi akhir (Form SA-PD-02 | Unduh).
  3. Setelah semua persyaratan pada butir 1 dan 2 dipenuhi, mahasiswa mendaftar ke KSA Program Studi S1 Biologi melalui Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan.
  4. KSA menentukan 5 (lima) dosen penguji pendadaran selain dosen pembimbing skripsi dan dosen pembimbing akademik mahasiswa tersebut.
  5. Ujian pendadaran dapat berlangsung apabila dihadiri oleh seluruh tim penguji. Apabila ada dosen penguji yang berhalangan maka dosen yang bersangkutan wajib memberitahu KSA dan KSA menunjuk dosen pengganti.
  6. Waktu pelaksanaan ujian pendadaran maksimal 15 menit untuk setiap dosen penguji.
  7. Setiap dosen penguji memberikan penilaian dengan komponen yang meliputi (Form SA-PD-03):
    1. sikap 10%
    2. kemampuan mengemukakan pendapat 30%
    3. penguasaan pengetahuan komprehensif 60%
  8. Ketua tim penguji melakukan rekapitulasi nilai ujian pendadaran dari masing-masing penguji dan membuat berita acara pendadaran (Form SA-PD-04).
  9. Ketua tim penguji menyerahkan rekapitulasi nilai dan berita acara ujian pendadaran kepada Subbagian Akademik dan Kemahasiswaan.
  10. Mahasiswa dinyatakan lulus ujian pendadaran apabila memperoleh nilai sekurangkurangnya C.
  11. Jika mahasiswa memperoleh nilai ujian pendadaran kurang dari C, maka dilakukan ujian pendadaran ulang dengan tim penguji yang sama paling cepat 1 (satu) minggu setelah ujian pendadaran tanpa melalui proses pendaftaran ulang.

 

Pedoman Penulisan Tugas Akhir Program Sarjana Biologi Fakultas Biologi Unsoed (Edisi 2018) dapat diunduh di sini.

Ketentuan Penyerahan Soft Copy Tugas Akhir Mahasiswa (Laporan Akhir DIII, Skripsi, Thesis, Disertasi) UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman | Unduh
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah untuk Kepentingan Akademis | Unduh

Berikut ini adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Proses Pembuatan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Untuk lebih jelasnya silahkan Klik tautan di bawah ini :
Standar Operasional Prosedur Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SOP SKPI)

 

Update | 01-09-2019;22:42