Implementasi Identitas TIK bagi Mahasiswa Unsoed

Diberitahukan dengan hormat, bahwa dalam rangka meningkatkan layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada mahasiswa, Biro Akademik dan Kemahasiswaan dan LPTSI akan melakukan penggantian User Id pada Sistem Informasi Akademik (e-SIA) menggunakan Identitas Teknologi Informasi dan Komunikasi Unsoed.
Identitas tersebut berupa email Unsoed (... @mhs.unsoed.ac.id) yang dapat digunakan oleh mahasiswa. Identitas Teknologi Informasi dan Komunikasi Unsoed merupakan langkah awal untuk penerapan Single Sign On (SSO) bagi Mahasiswa.  Informasi teknis mengenai penggantian user ini akan diinformasikan pada laman https://akademik.unsoed.ac.id.
Terkait dengan hal tersebut kami mohon seluruh mahasiswa untuk segera melakukan log in pada laman https://akademik.unsoed.ac.id dan melakukan aktivasi identitas Teknologi Informasi dan Komunikasi Unsoed bagi Mahasiswa.

Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

Key Points

  • Mahasiswa wajib melakukan aktivasi agar dapat mengakses SIA dan layanan Google Suite for Education Unsoed
  • Aktivasi akan dimulai pada Senin 27 April 2020
  • Aktivasi akan diakhiri pada 29 Mei 2020
  • Setelah masa aktivasi berakhir mahasiswa sudah tidak dapat lagi login SIA dengan menggunakan NIM
  • Apabila mahasiswa tidak melakukan aktivasi maka tidak dapat mengakses Layanan TIK Unsoed
  • Apabila mahasiswa lupa identitas TIK Unsoed-nya atau lupa password barunya, silahkan menghubungi operator SIA Fakultas.

Operator SIA Fakultas Biologi:
S1 Reguler:  Hasim Karsim S.Kom
S1 Internasional:  Adi Putra Eka Prasetyanto, S.E., MM.
D3 Biologi:  R. Agung Budi Priyanto, A.Md
Pascasarjana: Hernawati


FAQ lmplementasi ldentitas TIK Unsoed bagi mahasiswa

Apakah ldentitas TIK Unsoed ?
ldentitas TIK Unsoed adalah akun resmi bagi setiap pegawai BLU, mahasiswa, alumni, unit, dan kegiatan insidental di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.

Mengapa harus menggunakan ldentitas TIK Unsoed ?
Unsoed secara terus menerus melakukan pengembangan layanan TIK. Untuk memudahkan administrasi pengguna dalam memberikan layanan TIK di lingkungan Unsoed, maka akan digunakan ldentitas TIK Unsoed sebagai pengenal sehingga setiap orang hanya akan memiliki satu identitas pengguna.

Apakah keuntungan memiliki ldentitas TIK Unsoed bagi mahasiswa ?
Dengan melakukan aktivasi ldentitas TIK Unsoed maka saat ini mahasiswa akan memiliki akses untuk mendapatkan layanan Google Suite for Education, yang memiliki fitur-fitur email, meet, drive, doc, calender, dsb dengan kapasitas penyimpanan 5 tera untuk berkas unggahan dan tak terbatas untuk dokumen yang dibuat menggunakan GDocs. Ke depannya ketika seluruh sistem telah diintegrasikan mahasiswa tidak perlu memiliki beberapa username dan password sehingga memudahkan dalam administrasi pengguna.

Bagaimana jika tidak mengaktifkan ldentitas TIK Unsoed ?
Apabila mahasiswa tidak melakukan aktivasi ldentitas TIK Unsoed pada SIA maka saat ini mahasiswa tidak dapat memanfaatkan layanan Google Suite for Education. Ke depannya jika mahasiswa tidak melakukan aktivasi maka mahasiswa tidak dapat memanfaatkan sefuruh layanan TIK di Unsoed.

Apa yang harus dilakukan jika tidak dapat log in setelah melakukan aktivasi ?

  • Pastikan telah menuliskan ldentitas TIK Unsoed dengan benar dan lengkap (saya@student.unsoed.ac.id / saya@mhs.unsoed.ac.id).
  • Pastikan telah menuliskan password baru dengan benar.

Surat Edaran Implementasi Identitas Unsoed bagi Mahasiswa, silahkan unduh di sini
Tutorial Aktivasi TIK Unsoed, silahkan unduh di sini