Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Himpunan Mahasiswa Bio-Explorer

Didirikan pada 2 Juni 1991 di Purwokerto, Bio-Explorer bertujuan untuk menampung minat Mahasiswa Fakultas Biologi UNSOED dalam bidang olahraga alam bebas dan kepencintaalaman. Berada di dalam lingkup civitas akademika Fakultas Biologi, Bio-Explorer mengemban tugas yang sangat penting dalam implementasi keilmuan terutama yang mengarah pada upaya pelestarian lingkungan. Kegiatan eksplorasi keragaman hayati (biodiversity) dan kehidupan liar merupakan kegiatan utama yang dilakukan sepanjang tahun.

Bersifat kepencintaalaman, membuat Bio-Explorer menjadi organisasi mahasiswa yang memiliki nilai lebih yaitu kemampuan jelajah berbagai penelitian lapang yang dilakukan. Selama ini, Bio-Explorer memberikan sumbangan yang sangat penting atas informasi-informasi ilmiah yang berasal dari pedalaman hutan di kawasan eks-Karesidenan Banyumas yang jarang dijamah oleh manusia. Oleh karena itu, Bio-Explorer selalu membekali para anggota dengan kemampuan olah raga alam bebas, seperti pendakian, panjat tebing, arung jeram, penelusuran goa, serta penguasaan manajemen perjalanan menuju alam bebas. Sebagai seorang peneliti lapang, semenjak awal bergabung, para anggota Bio-Explorer ditekankan untuk selalu membiasakan diri dengan pengamatan ekosistem, memberi perhatian lebih terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan, serta turut andil dalam upaya pelestarian satwa langka dan dilindungi. 

Sebagai organisasi yang dekat dengan kawasan Gunung Slamet, semenjak tahun 1998 Bio-Explorer menjadikan pelestarian kawasan hutan Gunung Slamet menjadi agenda utama organisasi. Tidak berlebihan jika di antara para pemerhati lingkungan baik regional maupun nasional, Bio-Explorer dikenal sebagai organisasi yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap pelestarian kawasan hutan Gunung Slamet. Ditingkat internasional, semenjak tahun 2000 Bio-Explorer telah menjadi bagian dari Asian Raptor Research and Conservation (ARRC),jaringan pemantau migrasi burung dari belahan bumi bagian utara.  Bahkan Bio-Explorer merupakan salah satu penyumbang data yang menjadikan kawasan Slamet merupakan kawasan penting dari migrasi burung yang pada akhirnya diistilahkan dengan the bottle neck (leher botol) yaitu tempat di mana jalur migrasi akhirnya terpecah menjadi dua jalur. Kegiatan yang telah dilaksanakan Bio-Explorer diantaranya adalah Ekspedisi Mangrove Segara Anakan, Pendataan berkala Keragaman Hayati Kawasan Hutan Gunung Slamet, Lomba Pengamatan Burung Tingkat Nasional (agenda limatahunan), serta kegiatan lain yang menunjang aktivitas akademis di Fakultas Biologi terutama kajian taksonomi dan ekologi.

Bagi mahasiswa yang ingin menjadi peneliti alam bebas dan kehidupan liar, kami menunggu partisipasi-nya untuk berkarya demi kelestarian lingkungan (Bio-Explorer, 2010).

Halaman ini »