Faculty of Biology

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pelaksanaan Penanaman Pohon Dalam Rangka Dies ke 55 Fabio Unsoed

Desa Ketenger Baturraden – Sebagai salah satu rangkaian Dies Natalis Fakultas Biologi ke – 55 Universitas Jenderal Soedirman menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon pada hari Jum'at (4/5) yang bekerjasama dengan Kodim 0701 Banyumas Desa Ketenger Baturraden,  didukung Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan LindungSerayu Opak Progo Yogyakarta dan Unit Pelaksana Teknis Dinas Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Baturraden. Kegiatan ini diawali dengan ceremonial dan penanaman simbolis bibit pohon di lapangan mini desa Ketenger, dan secara bersamaan dilakukan penanaman pohon di kawasan Bukit Pandang yang merupakan wahana wisata baru. Bibit Pohon yang ditanam berjumlah 1.600, yang akan ditanam di kawasan wisata Bukit Pandang di antaranya pohon buah-buahan seperti mangga, alpukat, dan manggis serta pohon kayu Afrika, kayu Suren,  kayu Arabika dll.

Dalam sambutan Danrem 071 Wijaya Kusuma yang dibacakan Kepala Staf Korem 071 Wijaya Kusuma Letkol Inf Ariful Mutaqin, "upaya untuk menanggulangi kelestarian lahan hijau harus dilakukan secara konsepsional dan komprehensif, sebab kelestarian lingkungan bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja tetapi merupakan tanggung jawab  seluruh komponen masyarakat". Penanaman pohon ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih mempertebal rasa tanggungjawab terhadap pelestarian lingkungan dan memanfaatkan lahan untuk penghijauan. “Dalam kegiatan ini tidak hanya penanaman pohon tapi juga pembelajaran kepada masyarakat bahwa penanaman pohon merupakan konservasi alam dimana masyarakat perlu tahu tentang pohon yang mempunyai fungsi ekonomis dan ekologis. Fungsi ekonomis; bahwa pohon bisa menghasilkan buah-buahan yang yang bisa dimanfaatkan warga masyarakat., sedangkan fungsi ekologis bahwa pohon menahan longsor dan banjir, serta menghasilkan air” kata Dekan Fakultas Biologi Dr.rer. nat Imam Widhiono MZ., M.S.

Selain Dekan Fakultas Biologi,  kegiatan ini dihadiri Kepala Staf Korem 071 Wijaya Kusuma, para Dekan, Direktur RSGMP, perwakilan dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Banyumas, Muspika Desa Ketenger Baturraden, mahasiswa, TNI, dan masyarakat warga desa Ketenger. Dalam kegiatan ini juga sebagai wujud meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat serta membangun keterpaduan, koordinasi, dan sinergitas sikap serta tindakan antara Kodim 0701 Banyumas, Fakultas Biologi Unsoed, Pemerintah Daerah, dan seluruh komponen masyarakat desa Ketenger. Maju Terus Pantang Mundur Tak Kenal menyerah !.

You are here