Faculty of Biology

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Laboratorium Lingkungan

Laboratorium Lingkungan pada awalnya dibentuk tahun 1996 dengan nama Laboratorium Rujukan Fakultas Biologi dengan SK. Dekan No. KEPT 67/PT.30.H4. FB/I/1996 tanggal 4 Oktober 1996. Pada tahun 1998 berubah nama menjadi Laboratorium Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman dengan SK. Rektor No. KEPT 22/J23/PR/1998 Tanggal 16 januari 1998. Dalam perjalanannya laboratorium ini kemudian dilakukan reorganisasi, pembenahan manajemen serta perbaikan sarana dan prasarana, sehingga diterbitkan SK Laboratorium Lingkungan yang baru yaitu SK. Rektor No. KEPT. 089/J23/KP/2003 tanggal 21 April 2003.

Laboratorium Lingkungan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, terletak di kampus Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman Jalan dr Suparno Karangwangkal Purwokerto. Keberadaan Laboratorium memiliki nilai strategis yang sangat penting di Kota Purwokerto dan sekitarnya, hal ini disebabkan karena beberapa hal sebagai berikut :

  1. Terdapat banyak industri baik Industri besar maupun home industri, hal ini sangat potensial untuk menganalisa air limbah dan kualitas air dan badan-badan perairan yang terkena limbah,
  2. Belum adanya lembaga atau laboratorium yang berkompeten atau terakreditasi di daerah Jawa Tengah bagian selatan dan sekitarnya, dan
  3. Fakultas Biologi Unsoed memiliki sumber daya yang memenuhi persyaratan untuk melakukan pengujian kualitas air dan memiliki personil yang terlatih.

Susunan Organisasi Laboratorium Lingkungan 2011 (Berdasarkan Surat Tugas Nomor : 120/UN23.04/KP/2014 tentang Tim Pengelola Laboratorium Lingkungan Fakultas Biologi Unsoed tahun 2014) :

  1. Kepala Laboratorium: Dra. P. Maria Hendrati, M.Si.
  2. Manajer Mutu : Dra. Endang Widyastuti, M.S.
  3. Manajer Teknis : Dr.rer.nat. MH. Husen Sastranegara, M.Si
  4. Manajer Administrasi dan Keuangan : Dra. Christiani, M.Si.
  5. Penyelia Bidang Kimia : Drs. Slamet Priyanto, M.Si
  6. Penyelia Bidang Mikrobiologi : Dra. Dyah Fitri Kusharyati, MP.
  7. Penyelia Bidang Plankton dan Bentos : Drs. Carmudi, M.Si
  8. Penyelia Bidang Tumbuhan : Dr. Pudji Widodo, M.Sc.
  9. Analis/Teknisi : Titik Indrawati, A.Md dan Indraningrum, A.Md.

 

Fungsi Laboratorium Lingkungan :

  1. Pelayanan Praktikum
  2. Pelayanan Penelitian
  3. Pelayanan Pengujian Kualitas Air
You are here