Faculty of Biology

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Seminar Hasil Penelitian

Ketentuan Umum

[ klik disini untuk melihat jadwal seminar hasil penelitian ]

  1. Seminar hasil penelitian adalah forum pemaparan laporan hasil penelitian skripsi mahasiswa dalam upaya untuk melakukan latihan pertanggungjawaban ilmiah, mendapatkan penilaian dan penyempurnaan dari peserta seminar dengan maksud agar laporan penelitian dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik.
  2. Penelitian dianggap selesai apabila mahasiswa telah melaksanakan seminar hasil penelitian.  Jangka waktu maksimal penelitian adalah satu tahun, terhitung sejak saat seminar usulan penelitian hingga saat seminar hasil penelitian.  Apabila mahasiswa tidak dapat menyelesaikan penelitian dalam batas waktu maksimal tersebut, maka penelitian dinyatakan gugur dan mahasiswa harus mengganti topik penelitian serta mengulang prosedur pengusulan judul dari awal lagi.
  3. Mahasiswa dapat melakukan seminar hasil penelitian apabila telah mendapatkan ketentuan waktu pelaksanaan seminar dari KSA.
  4. Seminar hasil penelitian dilaksanakan tiap semester secara perseorangan.
  5. Mahasiswa dapat mendaftarkan diri untuk melakukan seminar hasil penelitian kepada KSA apabila
    • Telah mencantumkan komponen tugas akhir Semnar Hasil Penelitian pada KRS
    • Telah mengikuti seminar hasil penelitian sekurang-kurangnya 10 kali yang dibuktikan dengan kartu peserta seminar bertanda tangan moderador.
    • Telah selesai melaksanakan penelitian dan menyusun draf skripsi yang telah disetujui oleh semua Dosen Pembimbing.
    • Telah menyusun makalah seminar skripsi yang telah ditandatangani Dosen Pembimbing.Penyanggah adalah mahasiswa dan dosen yang diharapkan akan memberikan masukan kepada penyaji.
  6. Peserta seminar adalah mahasiswa penyaji, Tim Seminar Hasil Penelitian yang terdiri atas Dosen Pembimbing, Dosen Penilai, moderator, dan notulis, serta mahasiswa di luar penyaji.
  7. Prosedur pendaftaran seminar hasil penelitian:
    • Mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan, dapat mendaftarkan diri untuk melakukan seminar hasil penelitian dengan mengisi borang ST-04 dan SHP-01.
    • Selain mengisi borang, mahasiswa melampirkan fotokopi KRS yang mencantumkan tugas akhir, usulan penelitian beserta surat keterangan perbaikannya, kartu peserta seminar, serta menyerahkan satu eksemplar makalah seminar, satu eksemplar draf skripsi yang telah disetujui oleh semua Dosen Pembimbing kepada KSA, dan tujuh eksemplar lainnya kepada Subbagian Pendidikan.
    • KSA menetapkan waktu dan tempat seminar hasil serta nama-nama dosen anggota Tim Seminar Hasil Penelitian, yang sama dengan anggota Tim Seminar Usulan Penelitian,selambat-lambatnya satu minggu setelah mahasiswa melakukan pendaftaran seminar hasil.
    • KSA segera menyerahkan hasil penetapan waktu dan tempat serta daftar nama anggota Tim Seminar Hasil Penelitian kepada Subbagian Pendidikan.
    • Subbagian Pendidikan membuat surat undangan seminar hasil atas dasar usulan KSA selambat-lambatnya tiga hari setelah menerima penetapan tersebut.
    • Seminar hanya dapat dilaksanakan apabila telah dihadiri oleh mahasiswa penyaji dan sekurang-kurangnya satu orang Dosen Pembimbing, Dosen Pengamat, kedua Dosen Penilai, moderator, notulis, serta 10 orang mahasiswa di luar penyaji.Moderator adalah seorang dosen tetap Fakultas Biologi Unsoed yang bukan merupakan unsur pembimbing skripsi (bukan pembimbing I, II, dan III) yang bertanggung jawab atas kelancaran jalannya seminar.  Syarat untuk menjadi moderator sama dengan syarat untuk menjadi pembimbing II atau III.
  8. Penilaian seminar hasil penelitian penelitian dilakukan dengan metode Penilaian Acuan Patokan (PAP) sebagai berikut :
    • Nilai A > 80,00
    • Nilai B 66,00 - 79,99
    • Nilai C 56,00 - 65,99
    • Nilai D 46,00 - 55,99
    • Nilai E < 46,00
  9. Mahasiswa dinyatakan lulus seminar hasil penelitian apabila sekurang-kurangnya memperoleh nilai C.
  10. Penilaian mencakup sikap dengan bobot 10%, penyajian dengan bobot 10%, kemampuan mengemukakan gagasan dengan bobot 30%, dan penguasaan materi dengan bobot 50%.
  11. Dosen Pembimbing dan Dosen Penelaah masing-masing memberikan kontribusi penilaian sebesar 30% dan 70% dari nilai total.

 

Form/blanko yang dibutuhkan bisa diambil di Bagiam Akademik dan Kemahasiswaan atau Tim Komisi atau bisa didownload di sisipan file

AttachmentSize
S H P.pdf108.75 KB
PERMOHONAN SEMINAR HASIL PENELITIAN (FORM.ST-04).pdf89.67 KB
P - 03.pdf112.89 KB
You are here