Faculty of Biology

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Fast Track Program of S1-S2 Biological Sciences University of Jenderal Soedirman

Terms of Reference (TOR) Program (Beasiswa) FasTrack PS S1 Ilmu Biologi dan PS S2 Ilmu Biologi Universitas Jenderal Soedirman
Unit Pengusul Program.

  1. Program Studi S1 Ilmu Biologi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, dan
  2. Program Studi S2 Ilmu Biologi Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman.

Latar Belakang.
Sistim kredit semester (sks) memungkinkan mahasiswa untuk bisa mengambil jumlah matakuliah pada tiap semester sesuai dengan kemampuan akademiknya, sehingga masa studi minimal sesuai rancangan dan struktur kurikulum bisa tercapai. Namun demikian bagi beberapa mahasiswa yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata, sistim kredit semester (sks) ini masih belum bisa memaksimalkan kemampuan akademik mereka. Dengan potensi yang dimiliki akan lebih baik lagi apabila mahasiswa tersebut setelah lulus sarjana difasilitasi untuk mencapai jenjang yang lebih tinggi (magister) dengan waktu yang lebih cepat tanpa merubah struktur kurikulum yang sudah ada. Untuk alasan tersebut maka dirasa perlu untuk merancang program yang bisa menfasilitasi mahasiswa yang mempunyai kecerdasan istimewa untuk bisa meraih kompetensi gelar sarjana dan magister dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan pelaksanaan reguler tanpa merubah kurikulum. Program Studi S1 Biologi dan Program S2 Ilmu Biologi Universitas Jenderal Soedirman telah bekerja sama merancang program percepatan pencapaian kompetensi gelar sarjana dan magister dalam waktu 5 tahun yang diberi nama FasTrack. Program ini diharapkan bisa membantu mahasiswa yang mempunyai kecerdasan istimewa untuk memaksimalkan kemampuan akademiknya.
Tujauan.
Menyelenggarakan pendidikan bagi mahasiswa yang mempunyai kecerdasan istimewa untuk bisa meraih kompetensi gelar sarjana dan magister dalam waktu 5 tahun tanpa merubah kurikulum PS S1 Biologi dan PS S2 Ilmu Biologi Universitas Jenderal Soedirman.
Struktur Program.
Program FasTrack yang akan dilaksanakan di Program Studi S1 Biologi dan Program Studi S2 Ilmu Biologi adalah program yang dirancang untuk mahasiswa yang mempunyai kecerdasan istimewa. Oleh karena itu diperlukan persyaratan yang bisa menjamin mahasiswa yang akan mengikuti program sesuai dengan yang dibutuhkan. Syarat mengikuti program FasTrack ini adalah sebagai berikut :

  1. IPK pada akhir semester VI 3,25 (tanpa nilai C)
  2. Sudah mengambil minimal 134 SKS (termasuk PKL)
  3. Skor TOEFL (ITP) 500.

Program ini dirancang agar mahasiswa PS S1 Ilmu Biologi Unsoed yang memenuhi syarat, bisa mengambil mata kuliah wajib PS S2 Ilmu Biologi Unsoed pada semester ke-7. Bila mahasiswa mampu memenuhi standar kualitas IPK yang disyaratkan oleh PS S2 Ilmu Biologi Unsoed untuk program FasTrack ini yaitu IPK 3,5 (mata kuliah wajib PS S2 Ilmu Biologi Unsoed), mahasiswa PS S1 Biologi Unsoed tersebut bisa melanjutkan untuk mengambil mata kuliah pilihan PS S2 Ilmu Biologi Unsoed pada semester ke-8. Pada akhir semester ke-8 mahasiswa juga diwajibkan memenuhi standar IPK program FasTrack 3,5 (untuk mata kuliah pilihan PS S2 Ilmu Biologi Unsoed). Pada akhir semester ke-8 mahasiswa diwajibkan lulus PS S1 Biologi Unsoed dan mendapatkan gelar kompetensi Sarjana Sains (S.Si.) serta memperoleh Skor TOEFL 500. Bila mahasiswa PS S1 Biologi tidak lulus tepat waktu sesuai recana program maka yang bersangkutan tidak bisa melanjutkan program FasTrack. Bila mahasiswa tersebut lulus tepat waktu tetapi tidak memenuhi syarat IPK 3,5 (mata kuliah wajib PS S2 Ilmu Biologi Unsoed) untuk semester ke-7 dan semester ke-8, maka mahasiswa tersebut masih bisa melanjutkan program percepatan tetapi tidak memperoleh bantuan beasiswa dengan syarat IPK > 3,00 (mata kuliah wajib PS S2 Ilmu Biologi Unsoed).
Bila semua syarat tersebut di atas terpenuhi, selanjutnya mahasiswa tersebut akan terdaftar sebagai mahasiswa PS S2 Ilmu Biologi Unsoed yang sudah menyelesaikan semua mata kuliah wajib dan satu mata kuliah wajib konsentrasi PS S2 Ilmu Biologi Unsoed. Pada semester ke-9 dan ke-10 (terdaftar sebagai semester ke-1 dan ke-2 PS S2 Ilmu Biologi Unsoed) mahasiswa tersebut akan melaksanakan riset tesis dan menulis tesis serta diharapkan lulus pada akhir semester ke-10 (semester ke-2 PS S2 Ilmu Biologi Unsoed) dan mendapatkan gelar kompetensi Magister Sains (M.Si.) Ilmu Biologi. Sehingga waktu yang diperlukan mahasiswa yang mengikuti program FasTrack untuk mendapatkan gelar kompetensi Sarjana Sains (S.Si.) dan Magister Sains (M.Si.) Ilmu Biologi adalah 5 tahun. Sebaran matakuliah program FasTrack disajikan pada lampiran gambar.
Legalitas.
Program FasTrack ini akan dilaksanakan sebagai Keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman. Landasan legalitas khusus tidak diperlukan karena pelaksanaan program FasTrack ini tidak mengubah kurikulum yang sudah ada di PS S1 Biologi dan PS S2 Ilmu Biologi Unsoed.
Rencana Pelaksanaan.
Program ini diharapakan sudah bisa dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2012, yang dalam hal ini target calon mahasiswa adalah angkatan tahun 2009 PS S1 Biologi Unsoed.
Rencana Pengelolaan.
Pengelolaan program FasTrack akan dilakukan terkoordinir antara PS S1 Biologi dan PS S2 Ilmu Biologi Universitas Jenderal Soedirman dan tidak diperlukan pengelolaan khusus untuk mahasiswa program FasTrack. Pihak yang berwenang dalam pengelolaan ini adalah Pembantu Dekan I PS S1 Biologi dan Kepala Program Studi S2 Ilmu Biologi.
Proses rekruitmen calon mahasiswa program FasTrack akan dilakukan oleh PS S1 Biologi, dan memastikan mahasiswa S1 lulus tepat waktu. Pelaksanaan kegiatan perkuliahan matakuliah S2 dan evaluasinya akan dilakukan oleh PS S2 Ilmu Biologi. Mahasiswa S1 peserta program FasTrack yang memenuhi ketentuan kemudian melanjutkan ke jenjang magister PS S2 Ilmu biologi Unsoed tanpa mengikuti proses seleksi reguler. Proses penerimaan serta proses pendidikan selanjutnya di S2 akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya PS S2 Ilmu Biologi. Bilamana diperlukan tim ad hoc bisa dibentuk untuk membantu pengelolaan program FasTrack yang di dalamnya termasuk PA mahasiswa peserta program.
Rencana Pembiayaan.
Pembiayaan program FasTrack dirancang dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan program FasTrack pada porsi penyelenggaraan pendidikan S1 pada semester ke-7 dan semester ke-8 dibebankan pada SPP S1.
  2. Pelaksanaan program FasTrack pada porsi penyelenggaraan pendidikan S2 pada semester ke-7 dan semester ke-8 tidak dipungut biaya.
  3. Pelaksanaan program FasTrack pada porsi penyelenggaraan pendidikan S2 pada semester ke-1 dan semester ke-2 (semester ke-9 dan semester ke-10) dibebankan pada SPP S2 yang akan ditanggung oleh Beasiswa Unggulan BPKLN Setjen Kemendiknas atau Beasiswa Universitas Jenderal Soedirman. Bila mahasiswa peserta program FasTrack  tidak memenuhi syarat IPK 3,5 (mata kuliah wajib PS S2 Ilmu Biologi Unsoed) untuk semester ke-7 dan semester ke-8, maka mahasiswa tersebut masih bisa melanjutkan program percepatan dengan syarat IPK > 3,00 (mata kuliah wajib PS S2 Ilmu Biologi Unsoed) dan bea pendidikan mandiri.

You are here