Bab XIV Kelulusan, Predikat Kelulusan, Gelar Dan Sebutan Kelulusan

 
Bagian Kesatu
Kelulusan
 
Pasal 39
 
(1)       Mahasiswa dinyatakan lulus program sarjana apabila telah menempuh 144 - 160 SKS sesuai dengan ketentuan fakultas masing-masing dengan IPK ≥2,00 dan tanpa nilai E
(2)       Mahasiswa dinyatakan telah lulus program diploma tiga apabila telah mengumpulkan 110-120 SKS sesuai dengan ketentuan fakultasmasing-masing dengan IPK ≥2,00 dan tanpa nilai E.
 
Pasal 40
 
(1)       Mahasiswa dinyatakan lulus program sarjana atau program diploma tiga melalui rapat yudisium yang dipimpin oleh dekan atas nama rektorapabila mahasiswa tersebut telah lulus pendadaran dan tidak mempunyai pinjaman perpustakaan.
(2)       Mahasiswa yang dinyatakan lulus program sarjana berhak mendapatkan gelar akademik sarjana dan transkrip akademik sesuai dengan bidang ilmunya.
(3)       Yudisium dilaksanakan apabila mahasiswa telah menyelesaikan seluruh kegiatan akademik yang dinyatakan dalam sebuah transkrip akademik sementara.
(4)       Tanggal kelulusan studi adalah tanggal pelaksanaan yudisium yang dinyatakan dengan Keputusan Dekan.
 
Bagian Kedua
Predikat Kelulusan
 
Pasal 41
 
(1)       Predikat kelulusan program sarjana ditentukan berdasarkan IPK.
(2)       Predikat kelulusan program sarjana  adalah sebagai berikut:
a.         Memuaskan                   :  IPK 2,00 – 2,75;
b.         Sangat Memuaskan        :  IPK 2,76 – 3,50, dengan nilai D maksimal satu;
c.         Dengan Pujian                : IPK3,51 – 4,00 dengan nilai C maksimal satu danmasa studi maksimal 5 tahunbagi mahasiswa program sarjana dan 4 tahun bagi mahasiswa program diploma.
(3)       Predikat kelulusan  sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c, bagi mahasiswa alih program pendidikan ditentukan dengan  memperhitungkan masa studi pada program pendidikan sebelumnya.
 
Bagian Ketiga
Gelar dan Sebutan Kelulusan
 
Pasal 42
 
(1)       Gelar dan sebutan kelulusan mahasiswa program sarjanadan program diploma tigaUniversitas Jenderal Soedirman dinyatakan dalam lampiran yang tidak terpisahkan dari peraturan ini.
(2)       Gelar dan sebutan kelulusan mahasiswa program diploma tiga Universitas Jenderal Soedirman adalah A. Md (Ahli Madya).
(3)       Penggunaan gelar akademik sarjana dalam bentuk singkatan ditempatkan di belakang nama yang berhak atas gelar yang bersangkutan.

SisipanUkuran
PERATURAN AKADEMIK.pdf202.95 KB