Bab I Ketentuan Umum

Dalam peraturan ini yang dimaksud dengan :

  1. Universitas adalah Universitas Jenderal Soedirman.
  2. Fakultas adalah fakultas di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman.
  3. Program diploma adalah pendidikan vokasi yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi.
  4. Program sarjana merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui penalaran ilmiah.
  5. Kerangka Kualitas Nasional, KKNI adalah kerangka penjenjangan kualitas kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuia dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.
  6. Sistem kredit adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja staf pengajar dan beban penyelenggaraan program lembaga pendidikan.
  7. Satuan kredit semester yang selanjutnya disebut SKS  adalah satuan kredit yang dipakai untuk menyatakan jumlah kredit dari satu mata kuliah dalam satu semester.
  8. Semester adalah kurun waktu kegiatan yang terdiri atas 16 sampai 19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya berikut kegiatan iringannya, termasuk dua sampai  empat minggu kegiatan penilaian.
  9. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasi-kan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  10. Dosen penanggung jawab mata kuliah adalah dosen yang bertanggungjawab atas seluruh proses penyelenggaraan pembelajaran mata kuliah.
  11. Mahasiswa adalah peserta didik yang sedang menempuh pendidikan di universitas.
  12. Registrasi adalah pencatatan mahasiswa baru atau mahasiswa lama yang memenuhi syarat sebagai mahasiswa.
  13. Kartu tanda mahasiswa (KTM) adalah kartu identitas diri sebagai mahasiswa
  14. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
  15. Elektronik Sistem Informasi Akademik (e-SIA) adalah sistem informasi yang berlaku di Universitas Jenderal Soedirmanuntuk mendukung pelaksanaan registrasi akademik, proses pembelajaran, dan pelaporan penyelenggaraan pendidikan;
  16. Kartu rencana studi (KRS) adalah kartu yang memuat sekelompok mata kuliah yang diprogram pada semester yang bersangkutan
  17. Kartu Studi Mahasiswa (KSM) adalah kartu yang memuat sekelompok mata kuliah yang diambil pada semester yang bersangkutan
  18. Kartu hasil studi (KHS) adalah kartu yang memuat laporan hasil evaluasi pembelajaran yang meliputi jumlah SKS yang ditempuh dan besarnya IP dalam satu semester
  19. Indeks prestasi (IP) adalah rata-rata nilai yang dicapai untuk semua mata kuliah dengan memperhitungkan jumlah kredit masing-masing mata kuliah yang telah ditempuh dalam satu semester
  20. Indeks prestasi kumulatif (IPK) adalah rata-rata nilai yang dicapai untuk semua mata kuliah dengan memperhitungkan jumlah kredit masing-masing mata kuliah yang telah ditempuh
  21. Asisten mahasiswa adalah mahasiswa yang membantu dosen dalam pelaksanaan kegiatan praktikum berdasarkan keputusan dekan
  22. Pembimbing akademik adalah  dosen yang membimbing mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya dengan baik
  23. Cuti akademik adalah izin yang diberikan kepada mahasiswa untuk tidak mengikuti kegiatan akademik selama jangka waktu tertentu;
  24. Aktif setelah cuti akademik adalah izin yang diberikan kepada mahasiswa untuk kembali aktif mengikuti kegiatan akademik setelah menyelesaikan sebagian atau seluruh masa cuti akademik.
  25. Studi akhir adalah rangkaian kegiatan akademik dapat meliputi praktik kerja lapangan, magang,  kuliah kerja nyata, seminar, skripsi, dan pendadaran.
  26. Praktik kerja lapangan (PKL) adalah latihan kerja secara nyata yang dilakukan oleh mahasiswa dan hasilnya disusun dalam laporan praktik kerja.
  27. Magang adalah kegiatan  mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tertentu di perusahaan atau institusi.
  28. Kuliah kerja nyata (KKN) adalah kegiatan intrakurikuler wajib bagi mahasiswa program sarjana.
  29. Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun mahasiswa program sarjana berdasarkan hasil penelitian yang dibimbing oleh dosen yang memenuhi syarat.
  30. Penelitian adalah kegiatan ilmiah mahasiswa  program sarjana  dalam bentuk percobaan, survei, studi kasus, kajian pustaka, magang atau  kegiatan perancangan yang dilaksanakan berdasarkan bidang studi mahasiswa bersangkutan.
  31. Ujian pendadaran adalah ujian kemampuan komprehensif yang merupakan bagian studi akhir.
  32. Yudisium adalah penetapan kelulusan mahasiswa dari fakultas melalui surat keputusan Dekan.
  33. Komisi Studi Akhir adalah  komisi yang bertugas membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhir yang  diangkat oleh dekan.
  34. Transkrip akademik adalah kumpulan nilai dari mata kuliah yang telah ditempuh oleh mahasiswa selama mengikuti proses pembelajaran.
SisipanUkuran
PERATURAN AKADEMIK.pdf202.95 KB