Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Ir. Nazir Foead, M.Sc. Kepala Badan Restorasi Gambut Indonesia Berikan Kuliah Umum

Suatu kebanggaan bagi civitas academica Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman yang mendapat kesempatan menerima kunjungan dari Kepala Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia Ir.  Nazir Foead, M.Sc., sekaligus memberikan Kuliah Umum  pada Senin (9/4/18). Selain Kepala Badan Restorasi Gambut, ikut dalam rombongan adalah Kepala Deputi IV Penelitian dan Pengembangan BRG Dr. Haris Gunawan yang pada hari Selasa (10/4/18)  ditugaskan untuk diskusi dengan Tim Kerjasama Fakultas Biologi untuk membahas potensi kerjasama antara BRG dan Fakultas Biologi dan TOR Seminar Internasional.

Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia (BRG) adalah lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BRG dibentuk pada 6 Januari 2016, melalui Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2016 tentang Badan Restorasi Gambut. BRG bekerja secara khusus, sistematis, terarah, terpadu, dan menyeluruh untuk mempercepat pemulihan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut yang rusak terutama akibat kebakaran dan pengeringan. Sebagai pengantar kegiatan ini Dekan Fakultas Biologi dalam sambutannya menyampaikan bahwa “restorasi ekosistem gambut merupakan tantangan yang berat untuk Indonesia, dan merupakan hal yang masih asing karena masih terbatas pakar dan ahlinya sehingga menjadi suatu tantangan yang harus dihadapi bersama, semakin banyak pakarnya, permasalahan gambut menjadi cepat terselesaikan”.

Lanjutan dari kegiatan ini, diharapkan adanya kerjasama khususnya di dalam mempelajari ekosistem gambut, serta dapat menitipkan mahasiswa untuk penelitian ekosistemnya maupun  restorasinya.

Ir.  Nazir Foead, M.Sc., memberikan materi dengan judul “Ekosistem Gambut” yang mengulas tentang Luas Ekosistem Gambut di Indonesia, Status Ekosistem Gambut, Peta Indikatif Restorasi Ekosistem Gambut, dan Target Restorasi Gambut,  dilanjutkan dengan tanya jawab. Dalam Kuliah umum ini ruangan Aula Fakultas Biologi penuh, hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Fakultas Biologi, beberapa staf tenaga pendidik dan mahasiswa.

Harapan dengan adanya kegiatan  ini, ada wawasan baru dan menangkap peluang untuk penelitian masalah gambut bagi mahasiswa.

Maju Terus Pantang Mundur Tak Kenal Menyerah!.

Halaman ini »