Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Fakultas Biologi Rayakan Dies Natalis ke-54

Tanggal 23 September 2017 Fakultas Biologi Unsoed  memperingati hari jadinya ke-54. Di usianya yang semakin dewasa ini dengan berbagai capaian yang membanggakan, yang  sejalan dengan perkembangan jaman dan tuntutan stakeholder eksternal, Fakultas Biologi terus berkembang dan terus berusaha untuk peningkatan mutu lulusan. Seluruh dosen Fakultas Biologi telah tersertifikasi professional dan proses pembelajaran telah memenuhi SNPT. Rangkaian peringatan Dies Natalis Fakultas Biologi diawali dengan kegiatan Senam dan Jalan Sehat pada hari Jumat (22/9/17) di lapangan parkir utara Fakultas Biologi, yang diikuti seluruh Civitas Akademica Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman.

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan Upacara peringatan Dies Natalis Fakultas Biologi dan Pelepasan PNS Purnatugas tahun 2017 pada hari Senin (25/9/17) di Aula Fakultas Biologi.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Biologi Dr. rer. nat. Imam Widhiono M.Z., M.S. menyampaikan “tantangan di tahun 2017 menjadi semakin berat antara lain adanya kewajiban publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional terindeks bagi lektor kepala dan guru besar,  oleh karenanya  akan menitikberatkan pada publikasi, karena publikasi berkaitan erat dengan mutu atau kualitas dosen, persyaratan pengajuan proposal penelitian, syarat pembimbingan thesis, disertasi dan syarat kenaikan pangkat semua mensyaratkan publikasi di jurnal bermutu dan publikasi juga merupakan jalan menuju tercapainya Visi Fakultas Biologi sebagai rujukan internasional”.

Pada Dies Fakultas Biologi yang ke-54 mendapatkan hadiah berupa dua jurnal ilmiah Fakultas Biologi, BIOSFERA dan SCRIPTA BIOLOGICA terindex DOAJ green thick dan peluncuran buku biografi Prof. Drs. Rubijanto Misman, berjudul “ MEMENUHI PANGGILAN ALMAMATER yang merupakan karya monumental alumni fakultas Biologi pertama.

Selain itu tantangan kedepan Fakultas Biologi yang harus diatasi adalah efektifitas pembelajaran dengan target lulusan tepat waktu dengan IPK tinggi, perubahan nama D3 PDSP, akreditasi S2 dan D3 serta meluluskan Doktor dan kuliah internasional. Tantangan tersebut solusi yang sedang dilakukan berupa evaluasi kurikulum D3 dan S1, pembentukan tim re akreditasi D3 dan S2, pendampingan intensif mahasiswa S3, serta realisasi kerjasama luar negeri, ungkap Dekan.

Pada acara upacara Dies disertai dengan pidato ilmiah oleh alumni Fakultas Biologi yang telah menyelesaikan pendidikan S3nya di International Ph.D Program of Agriculture, Animal Sciences Department Georg-August University of Gottingen (2012 – 2016) Aulidya Nurul Habibah, M.Si., Ph.D  dengan judul " Urgensi Biologi Perkembangan Dalam Kemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi: Kajian di bidang akuakultur".

Selain itu dalam kegiatan  tersebut juga melepas 7 orang Dosen, 3 orang karena meninggal dunia ( Alm. Drs. M. Nadjmi Abulias, MS, Drs. Slamet Priyanto, MS dan Prof. Drs. Agus Irianto, Ph.D), 4 orang PNS purnatugas, yaitu: Dra. Sulistiyani, M.Si, Drs. Slamet Risyanto, M.Si, Drs. H. Hanifan Bambang, M.Psi dan Drs. Edy Purwono Hadi, MP. dan 4 orang staf tenaga kependidikan Fakultas yang purna tugas yaitu Budiyono, SH, Maryanto dan Munarti. Maju Terus Pantang Mundur Tak Kenal Menyerah!. (yt)

Halaman ini »