Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Visitasi dalam rangka akreditasi Prodi S3 Biologi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman

Akreditasi perguruan tinggi khususnya pada program studi merupakan bentuk tanggung jawab penyelenggaraan pendidikan tinggi kepada stakeholder yaitu masyarakat pengguna lulusan tentang keadaan dan upaya penyelenggara pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan. Tak terkecuali Program Studi S3 Biologi Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman yang merupakan program studi baru. Sehubungan dengan hal tersebut pada tanggal 22 September 2016, Prodi S3 Biologi telah mengirimkan borang akreditasi ke BAN PT. Setelah desk evaluation, Prodi S3 Biologi dijadwalkan visitasi akreditasi tanggal 7 Oktober 2016. Sedangkan asesor yang bertugas adalah Dr. Sony Heru Sumarsono dari ITB Bandung dan Dr. Diah Rachmawati dari UGM Yogyakarta.

Mengawali acara visitasi, dilakukan pembukaan di Ruang Rapat Fakultas Biologi Unsoed, yang dihadiri oleh pimpinan fakultas, program studi, tata usaha, serta seluruh tim penyusun borang dan evaluasi diri program studi, serta dosen program studi. Untuk acara selanjutnya sesuai rundown visitasi yang telah disepakati tim asesor,  konfirmasi borang fakultas bersama pimpinan fakultas dan tim penyusun borang dilanjutkan dengan konfirmasi borang program studi bersama koprodi S3 Biologi dan tim penyusun borang. Pada sesi ini dipertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang telah tercantum di dalam dokumen borang dan dokumen pendukungnya.

Setelah selesai sholat jumat dan makan siang, dilanjutkan dengan wawancara dengan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa Program Studi S3. Wawancara berlangsung dengan hangat dan lancar. Karena ini program studi baru, maka belum ada alumni. Dalam kegiatan visitasi ini juga dilaksanakan kunjungan ke laboratorium dan unit pendukung program studi S3 Biologi yang dilanjutkan dengan kerja mandiri tim asesor.

Selanjutnya asesor memberikan berita acara untuk fakultas dan program studi sebagai hasil dari kegiatan  visitasi yang dilakukan. Setelah berita acara disetujui dan ditandatangani oleh Dekan, Ketua Program Studi, dan asesor, acara kemudian ditutup dengan serah terima berita acara dan foto bersama. Secara umum acara berjalan dengan lancar dengan harapan Program Studi S3 Biologi mendapatkan nilai yang baik. Maju terus pantang menyerah. (AK)

Halaman ini »