Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Lustrum V Bio-Explorer – Sinergitas Visi Misi Organisasi dan Almamater

Himpunan Mahasiswa Bio-Explorer Fakultas Biologi UNSOED merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di lingkup Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman yang bergerak di bidang kepencintaalaman dan sosial ilmiah. Didirikan pada 2 Juni 1991 di Purwokerto, Bio-Explorer memiliki visi menyatukan minat dan bakat mahasiswa Fakultas Biologi UNSOED dalam bidang olah raga alam bebas dan sosial ilmiah.

Lustrum V Bio-Explorer adalah sebuah peringatan 25 tahun Bio-Explorer. Kegiatan yang mengusung tema “Belajar, Berkarya, dan Berbagi” ini dilaksankan pada tanggal 6-7 Agustus 2016, di Fakultas Biologi UNSOED dan Wisma Putih, Baturraden.

Beberapa mitra seperti Bio-Sport, Teater Pojok, PMK, UKMI, UPI, BESt, Racana Soedirman, Marching Band Bahana Putra Soedirman, UPL, Carya Bhuana, Green Corps, KMPA Fisip, Jagrawecya, Wapala, Ighopala Cilacap, Mapala Unsiq Wonosobo, Mapakti Tegal, dan UKM – UKM lain serta Ketua Komunitas Fotografer Banyumas turut hadir untuk memeriahkan acara Lustrum V Bio-Explorer.

Peringatan Lustrum V terlaksana dengan beberapa bentuk kegiatan, diantaranya : Opening ceremony dan Sarasehan, Open house Bio-Explorer dan Gathering and Hiking

Lustrum V Bio-Explorer dibuka oleh Bapak Dr. Hendro Pramono, MS. selaku Wakil Dekan I Fakultas Biologi UNSOED. Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan Musikalisasi Puisi yang dibawakan oleh Teater Pulih dari Fakultas Ilmu Kesehatan UNSOED. Sebelum acara sarasehan  dimulai, terlebih dahulu dilakukan pemutaran video dokumenter 25 tahun Bio-Explorer. Sarasehan mempertemukan 3 pembicara, yaitu Ketua Umum Bio-Explorer, Ganjar Cahyo Aprianto, Perintis Bio-Explorer, Imam Prayitno yang kini bekerja sebagai Division of Exploration at Research and Development centre for Oil and Gas Technology, dan Wakil Dekan I, Dr. Hendro Pramono, MS., yang mewakili Civitas Akademika Fakultas Biologi UNSOED.  

Kegiatan Open house dilakukan dengan 2 sub kegiatan yaitu Pameran Foto dan Workshop. Pameran Foto yang dilaksanakan di Taman Tengah Fakultas Biologi UNSOED menampilkan beberapa foto kegiatan Bio-Explorer semenjak didirikan hingga saat ini, foto-foto wildlife, dan  beberapa foto landscape maupun portrait koleksi anggotapun turut menghiasi seisi tempat pameran. Seusai menikmati pameran foto, kegiatan dilanjutkan dengan Workshop tentang “Climate change” yang dibawakan oleh salah satu Anggota Alumni Bio-Explorer yaitu Nur Rohmani Fajar, yang kini menjadi Redaktur di situs berita lingkungan Mongabay Indonesia.

Malam harinya dilanjutkan dengan temu kangen seluruh anggota, baik Anggota Alumni maupun Anggota Aktif. Kegiatan yang dilakukan di Wisma Putih, Desa Melung, Baturraden ini memiliki tujuan agar tali silaturahmi antar anggota tidak terputus dan sebagai media sharing pengalaman mengenai kehidupan setelah selesai dari dunia perkuliahan. Keesokan harinya dilanjutkan dengan hiking di desa Kalipagu, yaitu sebuah desa yang sarat dengan kenangan-kenangan semua anggota Bio-Explorer.

Dengan mengusung tema “Belajar, Berkarya, dan Berbagi”, Bio-Explorer ingin mewujudkan sinergitas visi misi Organisasi dengan visi misi Fakultas Biologi UNSOED melalui kegiatan – kegiatan kepecintaalaman yang bersifat Sosial Ilmiah. Hal tersebut didukung penuh oleh Bapak Dr. Hendro Pramono, MS.,  yang menuturkan bahwa sebagai mahasiswa biologi yang memiliki jiwa keingintahuan yang tinggi harus didukung dengan skill yang memadai agar dapat melakukan explorasi maupun penelitian mengenai Sumber Daya Hayati di Alam Bebas yang sangat erat kaitannya dengan ilmu Biologi. Selain itu, Beliau juga menuturkan dengan adanya Bio-Explorer, dapat turut membantu Civitas Akademika Fakultas Biologi UNSOED yang ingin melakukan penelitian di Alam Bebas.

Tak surut langkah dihantam badai karena dipuncak tertinggi dan lembah yang sunyi jiwa kami bersemayam. Hidup BE!!! Maju Terus Pantang Menyerah (BE.231/Bass). 

Halaman ini »