Fakultas Biologi

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Tahun 2013 Program S3 Ilmu Biologi Fakultas Biologi Unsoed Siap Menerima Mahasiswa Baru

Tahun 2013 merupakan tahun yang istimewa bagi Fakultas Biologi. Tahun ini kampus biru genap berusia 50 tahun. Dalam tahun emas ini ditandai dengan lahirnya program studi S3 ilmu biologi. Program ini resmi dibuka setelah diterbitkannya Surat Keputusan Mendikbud No 311/E/O/2013. Lahirnya SK ini berarti mulai semester ini Program S3 ilmu biologi sudah mulai menerima mahasiswa baru. Dibukanya S3 ilmu biologi berarti melengkapi program studi terdahulu mulai dari program D3 biologi, S1 biologi dan magister biologi. Mengusung visi “Menjadi program studi yang unggul dalam biosains spesies tropis untuk memecahkan permasalahan global” Program ini merupakan jawaban atas tingginya kebutuhan masyarakat dan bangsa terhadap biolog yang handal. Biolog terbukti mempunyai peran cukup sentral dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan. Selain itu lahirnya program S3 ilmu biologi ini diharapkan dapat meningkatkan performa dan nilai guna fakultas untuk masyarakat secara umum.

Dekan Fakultas Biologi Unsoed, Dra. Yulia Sistina, M.Stud.Sc. Ph.D. dalam kesempatan berbeda menjelaskan bahwa saat ini fakultas terus berusahan membawa kampus biru ke level internasional. “Program studi doktor ini akan menjadi modal besar untuk menunjang internasionalisasi Fakultas Biologi.” kata beliau. Lebih dalam  Bu Yulia mengatakan bahwa tahun ini fakultas tengah menggodog program doble degree, joint degree. Untuk mahasiswa yang aktif  selian  program fast track akan segera dibuka program doktor unggulan yang memperluas kesempatan meraih gelar doktor. Program ini juga telah menggandeng beberapa universitas dari luar negeri sehingga dimungkinkan terjadi kerjasama penelitian maupun pertukaran pelajar. “Kami siap menerima mahasiswa asing di kampus biru ini.” Tegas beliau.

Sitemui secara terpisah sekretaris program studi S3 ilmu biologi Dr.rer.nat. W Lestari, M.Sc. mengungkapkan bahwa keunggulan utama Program studi S3 ilmu biologi Unsoed adalah penelitian  di bidang biodiversitas dan bioteknologi dengan fokus kajian pada spesies tropis. Hal ini tidak lepas dari posisi Indonesia yang merupakan negara megadiversitas dengan laju kehilangan spesies yang tinggi. Fenomena ini menempatkan Indonesia sebagai salah satu hot spot dunia.” Keunggulan lain, Program S3 ilmu biologi Unsoed dilaksanakan dalam bentuk non konvensional kelas dengan proses pembelajaran berbasis problem based learning” ungkap beliau. Lebih dalam Bu Tari juga menjelaskan bahwa selain bidang biodiversitas ditawarkan pula penelitian di bidang bioteknologi untuk menyelesaikan masalah lingkungan, kesehatan, dan, pangan  terkait  dengan pemanfaaatan sumberdaya hayati tropis.

Secara garis besar program ini  mempuyai dua bidang peminatan, yaitu topik biodiversitas dan topic bioteknologi.  Topik Biodiversitas mengkaji diversitas ekosistem, populasi, dan genetik sedangkan topik Bioteknologi mengkaji genetika Mendel,bioremediasi, kultur in vitro, rekayasa genetika. Kedua topik khusus tersebut mendukung bidang ilmu lain seperti pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, lingkungan, kehutanan, dan kesehatan.

Untuk mencetak doktor biologi yang handal, pengelola telah menyiapkan kurikulum yang harus ditempuh kurang lebih 6 semester. Selama studi mahasiswa harus menempuh 42 hingga 54 SKS matakuliah. “Semester ini adalah kali pertama kita menerima mahasiswa baru, dan Alhamdulillah sudah ada 4 mahasiswa yang akan menjadi angkatan pertama program ini.” Ungkap bu Tari. Lebih dalam beliau mengundang semua magister dengan kualifikasi yang relevan dengan prodi untuk memperdalam ilmunya di program S3 Biologi. “Program Studi S3 ilmu biologi Unsoed ditujukan untuk lulusan S2 dari bidang-bidang yang relevan diantaranya : Biologi, MIPA, Ilmu Kelautan, Pertanian, Peternakan, Farmasi, Ilmu Kesehatan dan Kehutanan” jelas beliau. Selanjutnya doktor jebolan Jerman ini menjelaskan bahwa calon mahasiswa dapat berasal dari staf pengajar perguruan tinggi, guru, PNS dari departemen dan dinas terkait, pegawai swasta dan perorangan yang memenuhi syarat. Selamat datang calon doktor ilmu biologi. Maju Terus Pantang Menyerah ! (ES)