Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Fakultas Biologi Gelontorkan Hibah Penelitian Mahasiswa

Lagi, Fakultas Biologi melakukan terobosan baru untuk meningkatkan performance-nya. Mengulang sukses tahun lalu untuk kali kedua kampus biru ini memberikan bantuan penyeselesaikan tugas kahir mahasiswa dalam bandrol student grant. Hal ini selaras dengan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa panjangnya masa studi disebabkan waktu penyelesaikan tugas akhir yang cukup lama. Skim ini diwujudkan dengan memberikan bantuan biaya penelitian bagi mahasiswa. Student grant merupakan keberlanjutan dari proyek I-MHERE yang diterima program studi Biologi sejak tahun 2007.

Student grantterbukti sangat membantu mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya masa studi pada wisuda periode Maret 2013 ini menjadi 4 th 5 bulan. Dari seluruh lulusan periode tersebut 71 % menyelesaikan tugas akhir melalui keterlibatan dalam proyek penelitian dosen, skim student grant, dan berbagai project kerjasama baik dari dalam maupu luar negeri. “Hasil evaluasi kami student grant memberikan sumbangan yang baik dalam perkembangan fakultas”Kata Pemantu Dekan I Drs.Agus HeriSusanto, MS. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa disamping pemendekan masa studi program ini juga memacu peningkatan kualitas proposal penelitian mahasiswa. “Iklim kompetisi dalam hibah ini membuat mahasiswa berlomba untuk menyusun proposal yang berkualitas.” Katanya.

Pemendekan masa studi menjadi salah satu fokus penting dalam upaya mengangkat performance program studi. Lamanya penyelesaian tugas akhir menjadi salah satu penyebab masa studi yang panjang. Pembantu Dekan I, Drs. Agus Hery Susanto, MS mengakui bahwa faktor ekonomi menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh mahasiswa. Biaya penelitian menjadi poros utama dalam tersendatnya proses penyelesaikan tugas akhir. “Student Grant adalah salah satu solusi yang kami tawarkan, hibah ini akan bersifat kompetitif” kata beliau.  “Tahun ini kami rencanakan meberikan bantuan kepada 10 judul penelitian.” Jelasnya lebih lanjut.

Program ini memang dipetuntukkan bagi mahasiswa yang telah mencantumkan tugas akhir dalam KRSnya. Pendaftaran program ini dibuka sejak 30 Aprilhingga 31 Mei mendatang. “Program ini sudah kami sosialisasikan melalui berbagai media salah satunya melaluibio.unsoed.ac.id” Kata Pak Agus. Secara garis besar program ini tidak jauh berbeda dengan program I-MHERE. “Saya yakin program ini akan sesukses tahun sebelumnya.” Jelas beliau.

Selain student grant Fakultas juga terus mendorong dosen untuk meningkatkan jumlah penelitian.  Seiring peningkatan penelitian dosen maka angka keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen semakin meningkat.Hal ini diyakini akan meningkatkan performance program studi dengan memperpendek masa studi mahasiswa.  Maju Terus Pantang Menyerah ! (ES)

 

Panduan Studeny Grant klik disini.

Halaman ini »