Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Kiprah Lima Biolog Muda Fakultas Biologi Unsoed Berlaga di Lomba Esai Nasional dan Call for Paper Youth Power UGM

Mahasiswa Fakultas Biologi Unsoed kembali menunjukkan kiprah di kancah nasional. Meskipun dihimpit padatnya praktikum dan kuliah, kiprah para Biolog muda tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti dengan lolosnya lima biologi muda dalam finalis lomba esay dan lomba karya tulis level nasional.  Faisal Anggi Pradita mahasiswa angkatan 2010 ini lolos menjadi finalis Lomba Essay Nasional UNY Scientific Fair 2012 yang digelar oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan Sodik Wuryanto, Anita Rahman Solekha, Maharani Nursyamsu, dan Yeti Yulianti akan berjibaku menjadi yang terbaik dalam finals Lomba Karya Tulis Ilmiah Call for Paper Youth Power UGM 2012 yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Kelima mahasiswa tersebut masuk sebagai finalis dan akan mempresentasikan karyanya di tempat yang berbeda pada tanggal 20-21 Oktober 2012.

Faisal akan beradu kemampuan dengan 15 finalis lainnya dari seluruh penjuru nusantara, Mengangkat judul karya “Layanan Metode Pembelajaran Taksonomi (Transformasi Siswa Menuju Aktual Solid dan Dinamis)” biolog muda putra soedirman ini mengalahkan lebih dari 65 penulis lainnya untuk menjadi 15 besar. Seluruh finalias akan beradu kemampuan dalam mempresentasikan karyanya pada 20 Oktobei di Universitas Negeri Yoyakarta (UNY).

Di tempat yang berbeda Sodik, Anita, Rani, dan Yeti akan berjuang dalam event Lomba Karya Tulis Ilmiah Call for Paper Youth Power UGM 2012. Mengalahkan ratusan karya dari seleruh Indonesia biolog muda ini berhasil menjadi satu diantara 30 finalis yang diundang dalam kegiatan tersebut. Mengangkat karya dengan judul “Kesatuan Aksi Mahasiswa Peduli Mangrove Segara Anakan (KAMPUNG SANAK): Upaya Mahasiswa untuk Memperbaiki keadaan Ekosistem Mangrove Segara Anakan” kelima putra soedirman ini menunjukkan konsistensi para biolog dalam peran sertanya dalam upaya konservasi, khusunya konservasi ekosistem mangrove. Kampus UGM akan menjadi saksi perjuangan mereka dalam menorehkan tinta emas untuk kampus biru ini.

Ditemui sebelum berangkat Sodik mengemukakan bahwa sebenarnya acara ini bukan sebuah tujuan bagi mereka, para biolog muda ini hanya mencoba untuk menjadi biolog yang berguna bagi masyarakat, salah satunya adalah dengan gerakan konservasi mangrove di kawasan Segara Anakan. “Namun demikian kami tetap akan memberikan yang terbaik bagi kampus kami tercinta, mohon doa dan restunya semoga kami dapat menjadi yang terbaik dalam ajang tersebut.” Katanya dengan kerendahan hati. Selamat berjuang biolog muda putra soedirman, terbanglah lebih tinggi membawa nama institusi. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi biolog-biolog lain di penjuru tanah air. Maju Terus Pantang Menyerah ! (IA/ES)

Halaman ini »