Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Belajar Sampai Ke “Hard University”

Menurut hemat saya,  universitas yang paling hebat di dunia ini bukanlah Harvad University, melainkan “Hard University” atau Universitas Kesulitan. Untuk masuk ke “Hard University”, sangat mudah tetapi sangat sulit untuk menyelesaikannya.Siapa saja yang mampu menyelesaikan di “Hard University”, ia akan menjadi manusia yang berkualitas tinggi dan banyak dicari orang!

Dimanakah “Hard University”? Ada di kehidupan kita sehari-hari. Di sekolah/universitas formal dan informal, di tempat kerja kantoran maupun  di lapangan. Hampir semua sektor kehidupan disebut “Hard University”. Dimana saja ada kesulitan positif yang menantang untuk diselesaikan, di situlah tempat sebaik-baiknya untuk menjadi mahasiswa “Hard University”.

Sekolah, kuliah atau apa pun namanya, pada dasarnya adalah mencari kesulitan. Mencari sesuatu yang menantang untuk di selesaikan, karena dengan cara sperti itulah si pembelajar akan menjadi lebih pintar dari pada sebelumnya.Sekolah/kuliah  adalah miniatur atau sekedar model bagaimana seseorang menghadapai kesulitan, dari kesulitan PR, tugas, sampai ke ujian akhir. Out put yang ingin dicapai adalah mendidik pesertanya agar menjadi manusia dewasa dan terbiasa dengan kesulitan/tantangan hidup.

Kesulitan di kehidupan sosial (masyarakat) jauh lebih berat dan kompleks dibanding dengan kesulitan yang ada di sekolah/kuliah. Oleh karenanya, sesungguhnya sekolah/kuliah  merupakan sarana untuk menyiapkan, dan melatih diri melalui berbagai kesulitan agar lebih yang bersangkutan siap ketika terjun di masyarakat. Semakin baik persiapan itu, semakin siap ia menghadapai tantangan hidup (kesulitan). Tetapi sayang, banyak diantara mereka (siswa/mahasiswa) yang tidak memanfaatkannya sebagai tempat “penempaan diri” tetapi hanya sebagai tempat mencari ijazah/gelar. Alangkah kelirunya mereka.

Justru yang terjadi adalah menghindari kesulitan belajar. Kalau kesulitan-kesulitan kecil seperti ujian, tugas-tugas dari dosen saja tidak sanggup menyelesaikan, bagaimana nanti dengan kesulitan-kesulitan yang lebih besar di masyarakat? Sanggupkah mereka? Saya kuwatir mereka hanya akan pandai berkilah saja ketika menghadapi tugas berat yang dibebankan kepadanya!

Berbeda dengan mereka yang telah menyiapkan dirinya untuk menghadapi kesulitan belajar. Semua tugas-tugas belajar akan dikerjakan dengan penuh semangat dan tanggungjawab. Kesulitan baginya adalah media pembelajaran yang efektif agar dirinya menjadi manusia berkualitas. Semakin, besar dan sulit tingkat kesullitan yang dihadapi, semakin memberikan peluang bagi dirinya agar  lebih tangguh dan berkualitas. Apa pun resikonya nanti di masyarakat mereka tetap siap.

Berbagai kesulitan (tantangan) baik di sekolah/kuliah dan di masyarakat pada umumnya adalah tempat sebaik-baiknya untuk menempa diri. Di sinilah “kawah cadradimuka”nya pengembangan diri. Di sinilah universitas kesulitan (Hard University) disediakan bagi mereka yang secara sadar ingin mengembangkan potensi diri, bukan sekedar mencari gelar dan ijazah saja.

Metode bentur sana bentur sini, hadapi masalah ini dan masalah itu, kesulitan satu dan kesulitan lainnya adalah metode “kuliah” di “Hard University”. Prinsipnya tidak ada hidup tanpa masalah (tantangan). Masalah satu selesai akan muncul masalah berikutnya dengan level kesulitan yang lebih meningkat. Dan setiap tingkat kesulitan itu akan mmberikan sejumlah kemampuan  baru. Akumulasi dari kemampuan baru itulah yang disebut “kompetensi hidup” (life skill). Sebuah alat hidup yang sangat diperlukan bagi setiap orang.

Benar apa yang dkatakan oleh para neuro-science (ilmu tentang syaraf otak) bahwa berkembangnya syarat otak –sehingga otak jadi sehat—melalui berpikir, yakni menghadapi berbagai kesulitan/tantangan. Sel-sel otak akan berkembang dan sehat bila dirangsang dengan banyak berpikir. Sel-sel otak tidak akan berkembang bila tidak pernah dilatih menghadapi berbagai masalah (berpikir).

Jadi berbahagialah Anda bila hari-harinya banyak berpikir karena Anda termasuk “mahasiswa” Hard University. Banyak hal yang Anda peroleh, dari komptensi hidup hingga otak yang sehat. “Hard University”, sebuah universitas kesulitan yang mampu mengantarkan Anda menjadi manusia tangguh dan bermutu. Lulusannya dijamin sebanding dengan Harvad University bahkan mungkin lebih bagus.

Halaman ini »