Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pertumbuhan dan Bobot Tepung Mikroalga Spirulina platensis menggunakan Pupuk Ekstrak Marsilea crenata untuk Produksi Protein Sel Tunggal (PST)

JudulPertumbuhan dan Bobot Tepung Mikroalga Spirulina platensis menggunakan Pupuk Ekstrak Marsilea crenata untuk Produksi Protein Sel Tunggal (PST)
Publication TypeConference Paper
Year of Publication2016
AuthorsChristiani, Hidayah HA, Widyartini DS
Conference NameKontribusi Akademisi dalam Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan
Date Published02/2016
PublisherUniversitas Brawijaya
Conference LocationGedung Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang
Keywordsgel, konsentrasi, Marsilea crenata, mikroalga spirulina platensis, tepung
Abstract

Spirulina platensis merupakan mikroalga yang berpotensi sebagai penghasil tepung PST (Protein sel tunggal). Kandungan protein mikroalga sangat tinggi, dapat mencapai 70% dari berat keringnya. Tepung berprotein tinggi sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pangan dan pakan. Untuk meningkatkan produksi gel, dalam pengembangan dapat menerapkan berbagai metode kultur dan pemupukan yang bertujuan meningkatkan produk mikroalga tetapi tidak membahayakan. Pada penelitian ini dilakukan perbanyakan mikroalga dengan berbagai konsentrasi pupuk ekstrak Marsilea crenata pada kultur skala semi massal. Penelitian menggunakan metode eksperimen yang dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan perlakuan yang dicobakan 8 konsentrasi ekstrak yang berbeda, Ulangan sebanyak 3 kali. Data kepadatan mikroalga dibuat kurva pertumbuhan dan biomassa sel yang dihasilkan dikeringkan untuk memproduksi tepung PST. Hasil penelitian konsentrasi pemupukan 800 ppm menghasilkan kepadatan tertinggi untuk pengembangan mikroalga yang berupa gel dan tepung mikroalga.

SisipanUkuran
Pertumbuhan dan Bobot Tepung Mikroalga Spirulina platensis menggunakan Pupuk Ekstrak Marsilea crenata untuk Produksi Protein Sel Tunggal (PST).pdf199.81 KB