Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Pengaruh Campuran Limbah Tanaman Kacang Tandah dan Serbuk Gergaji Kayu Sengon sebagai Media Tanam Ganoderma lucidum Asal Banyumas (B4)

JudulPengaruh Campuran Limbah Tanaman Kacang Tandah dan Serbuk Gergaji Kayu Sengon sebagai Media Tanam Ganoderma lucidum Asal Banyumas (B4)
Publication TypeConference Paper
Year of Publication2014
AuthorsRatnaningtyas NI, Khusnul, Ekowati N
Conference NameSeminar Nasional Budidaya Jamur Pangan dan Obat Menuju Masyarakat Sehat dan Sejahtera
Date Published10/2014
PublisherPokjanas Jamindo
Conference LocationIPB International Convention Center (IPB ICC) Jalan Padjajaran, kompleks Botani Square.
KeywordsGanoderma lucidum, limbah kacang tanah, medium tanam
Abstract

Jamur lingzhi (Ganoderma lucidum) merupakan salah satu jenis jamur kayu berkhasiat sebagai obat (medicinal). Jamur ini salah satunya telah dibudidayakan di daerah Banyumas (B4). Budidaya jamur lingzhi (G. lucidum) umumnya menggunakna medium tanam berupa serbuk gergaji kayu. Unsur N pada medium tanam jamur lingzhi dapat ditambahkan dengan pemberian biomasa dari limbah pertanian seperti tanaman kacang tanah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbandingan medium campuran serbuk gergaji kayu dan limbah tanaman kaang tanah terbaik untuk menghasilkan produksi G. lucidum B4 yang tertinggi, 2) mengetahui perbadingan medium campuran serbuk gergaji kayu dan limbah tanaman kacang tanah terbaik untuk menghasilkan kandungan germanium organik terbanyak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Parameter yang diukur meliputi parameter utama yaitu laju pertumbuhan miselium G. lucidum B4 pada medium tanam, serta bobot basah produksi G. lucidum B4. Parameter pendukungnya adalah rasio C/N, bobot kering jamur B4 dari medium tanah, pH medium, serta konversi bobot basah dan bobot kering jamur B4. Hasil analisis menunjukkan bahwa pertumbuhan tubuh buah menunjukkan produksi rata-rata tubuh buah Ganoderma lucidum asal Banyumas B4 tertinggi pada medium tanam dengan komposisi serbuk kayu sengon 70% dan limbah tanaman kacang tanah 30% dengan bobot sebesar 62,113 g dan 49,34% lebih besar dibandingkan dengan perlakuan kontrol. Kandungan germanium organik tidak terdeteksi pada komposisi medium tanam terbaik.

SisipanUkuran
Pengaruh Campuran Limbah Tanaman Kacang Tanah dan Serbuk Gergaji Kayu Sengon sebagai Media Tanam (Ganoderma lucidum) Asal Banyumas B4-.pdf1.28 MB