Fakultas Biologi

Change Font Size

Change Screen

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

Bab XVI Tindakan Indisipliner

 
Bagian Kesatu
Jenis  Tindakan Indisiplner
 
Pasal 48
 
Jenis tindakan indisipliner mahasiswa adalah:
a      Menggunakan atau mencoba menggunakan bahan-bahan informasi atau alat bantu studi lainnya dalam kegiatan akademik tanpa izin dari dosen yang bersangkutan.
b      Tanpa izin mengganti atau mengubah, memalsukan nama, tanda-tangan, nilai atau transkrip akademik, ijazah, kartu tanda mahasiswa, tugas-tugas, praktikum, keterangan atau laporan dalam lingkup kegiatan akademik.
c      Menggunakan kalimat atau karya orang lain sebagai kalimat atau karya sendiri yang bertentangan dengan kaidah penulisan karya ilmiah yang berlaku.
d     Mempengaruhi atau mencoba mempengaruhi orang lain dengan cara membujuk, memberi hadiah atau ancaman dengan maksud mempengaruhi penilaian terhadap prestasi akademiknya.
e      Mengganti kedudukan, melakukan tugas atau kegiatan untuk kepentingan orang lain, baik atas permintaan orang lain atau kehendak sendiri, dalam kegiatan akademik.
f       Membantu atau mencoba membantu menyediakan sarana atau prasarana yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran akademik.
g      Bekerja sama atau ikut serta melakukan atau menyuruh melakukan perbuatan-perbuatan yang menyebabkan terjadinya pelanggaran akademik.
h      Tindakan kriminal berupa kekerasan (fisik/seksual) dan/atau pelanggaran susila.
i        Melakukan tindakan perjokian dalam ujian.
j        Melakukan perubahan KRS secara tidak sah.
 
Bagian Kedua
Sanksi terhadap Tindakan Indisipliner Mahasiswa
 
Pasal 49
 
(1)       Peringatan keras secara lisan oleh petugas keamanan ataupun tertulis oleh pimpinan fakultas/ketua jurusan/ketua program studi.
(2)       Pengurangan  nilai ujian dan/atau pernyataan tidak lulus pada mata kuliah atau kegiatan akademik dilaksanakan oleh dosen pengampu yang bersangkutan atas permintaan pimpinan fakultas/ketua jurusan ataupun tidak.
(3)       Dicabut hak/izin mengikuti kegiatan akademik untuk sementara oleh pimpinan  fakultas atau pimpinan universitas.
(4)       Pengurangan atau pembatalan seluruh kegiatan akademik dari dokumen yang dipalsukan
(5)       Dicabut status kemahasiswaannya secara permanen oleh pimpinan universitas.
 
Bagian Ketiga
Sanksi terhadap Tindakan Indisipliner dan Pelanggaran Disiplin Dosen
 
Pasal 50
 
Sanksi bagi dosen yang melakukan pelanggaran disiplin mengacu pada ketentuan Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 48/DJ/Kep/1983 tentang Beban Tugas Tenaga Pengajar pada Perguruan Tinggi Negeri.

SisipanUkuran
PERATURAN AKADEMIK.pdf202.95 KB